ITERA Sediakan Kuota 1.600 Maba Jalur SBMPTN

Tanggal 10 Jun 2019 - Laporan - 814 Views
Ilustrasi./ist

Harianmomentum.com--Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menyediakan 1.600 kursi bagi calon mahasiswa baru (maba) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran mulai dibuka 10-24 Juni 2019.

Kuota SBMPTN tersebut adalah 45 persen dari total mahasiswa baru yang akan diterima ITERA tahun ini yakni 3.500 mahasiswa.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA Irfanianta Arif Setyawan, S.Farm., M.Sc. Apt. M.Sc, Senin (10-6-2019) menjelaskan pada SBMPTN tahun ini ITERA membuka 31 program studi yang dapat dipilih peserta SBMPTN.

Peserta juga dapat memilih tiga program studi baru ITERA yang baru tahun ini diikutsertakan dalam SBMPTN yakni Prodi Teknik Telekomunikasi, Rekayasa Kehutanan, serta Sains Aktuaria.

Irfan menambahkan dari semua program studi, satu Prodi yakni Desain Komunikasi Visual (DKV) dapat dipilih oleh peserta jalur tes Soshum maupun Saintek. Sementara prodi lainnya diperuntukan bagi peserta yang mengikuti tes Saintek saja.

Jika dilihat dari peminat SBMPTN tahun sebelumnya, tujuh prodi di ITERA paling diminati dan tingkat persaingan paling ketat yaitu Prodi Farmasa dengan tingkat keketatan 1: 31, Teknik informatika (1 : 13), Teknik Industri (1 : 10), Tenik Sipil (1:9). Perencanaan Wilayah dan Kota (1:7), Teknik Mesin (1:7) dan Teknik Lingkungan (1:7).

Namun, dalam SBMPTN yang akan menggunakan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menurut Irfan perguruan tinggi tidak menetapkan passing grade per program studi.

“Dalam SBMPTN tidak ada informasi passing grade yang ditetapkan oleh masing-masing program studi, karena seleksi berdasarkan daya tampung dan nilai pelamar ke Prodi, jadi tidak bisa ditentukan nilai minimum,” ujar Irfan.

Irfan menyarankan, peserta SBMPTN untuk memperkirakan posisinya dengan melihat distribusi nilai seluruh peserta UTBK di halaman utama laman ltmpt.ac.id. Selain itu, peserta juga diminta untuk memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 yang dapat dilihat pada laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

Sementara untuk pendaftaran yang sudah memiliki prodi yang akan dipilih dan melengkapi setiap persyaratan dapat mendaftar melalui laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Selain jalur SBMPTN, ITERA juga sedang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) bersama perguruan tinggi negeri wilayah Barat Indonesia, dan jalur prestasi khusus bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi baik akademik ataupun non akademik, termasuk penghafal Alquran.(rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com