Disdukcapil Lampura Kehabisan Blangko e-KTP

Tanggal 11 Jun 2019 - Laporan - 755 Views
Pelayanan pembuatan dokumen adminduk di Kantor Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara, usai libur lebaran tahun 2019

Harianmomentum.com--Usai libur lebaran, permohonan pembuatan berbagai dokumen administrasi kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  Lampung Utara (Lampura), meningkat.

Peningkatan paling signifikan permohonan pembuatan adminduk tersebut untuk Kartu Tanda Penduduk elekrtonik (e-KTP). Akibatnya, Disdukcapil Lampura kehabisan stok blangko e-KTP.    

Menyikapi kondisi tersebut, Kepala Disdukcapil Lampura  Maspardan mengatakan untuk sementara masyarakat pemohon e-KTP diberikan surat keterangan (Suket) sebagai pengganti adminduk tersebut. Dia mastikan pekan depan blangko e-KTP sudah tersedia.  

"Sementara kita berikan suket  sebagai pengganti KTP. Kami segara meminta blangko e-KTP ke Kementerian Dalam Negeri. Pekan depan, blangko e-KTP sudah tersedia kembali di sini," kata Maspardan pada harianmomentum.com, Selasa (11-6-2019).

Menurut dia, blangko e-KTP yang diberikan Kemendagri  jumlahnya tidak menentu bahkan terkadang lebih sedikit dari jumlah yang dibutuhkan. 

"Terkadang kita minta dua ribu, dikasih seribu bahkan dikasih lima ratus. Karena harus dibagi ke seluruh Indonesi. Jadi harus  sering bolak-balik ke Kemendagri  untuk mengambil blangko," terangnya.

Menuru Maspardan, rata-rata dalam sehari Disdukcapil Lampura mencetak dua ratusan e-KTP. 

 "Yang kosong hanya blangko e-KTP, kalau untuk  KK dan akte masih ada. Makanya pencetakan kita utamakan bagi yang baru. Untuk penggatian KTP yang rusak, kita tunda. Kita juga telah over target untuk pencetakan e- KTP," paparnya. (ysn)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Lebaran Lancar dan Terkendali, Kin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Arus balik lebaran 2024 di Provinsi Lamp ...


18 Pelamar JPTP Lulus Uji Kompetensi, Satu Gu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro ...


Bupati Lamsel Serahkan 14 Sertifikat Gratis P ...

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermant ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com