Plt Bupati Lamtim Buka Festival Budaya Makhgo Sekappung Libo

Pengukuhan pengurus adat Makhgo Sekappung Libo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur

Harianmomentum.com--Pelaksana tugas (Plt)  Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari membuka Festival Budaya Makhgo Sekappung Libo. Pembukaan dipusatkan di Lapangan Merdeka Desa Negarabatin, Kecamatan Jabung, Senin (17-6-2019).

Zaiful mengatakan selain bentuk upaya promosi potensi pariwisata, festival tersebut bagian dari komitmen Pemkab Lamtim dalam melestarikan adat dan kebudayaan yang berkembang di tengah masyarakat, khususnya budaya Lampung.

"Semoga festival budaya ini menjadi momentum kebangkitan pengembangan wisata budaya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat," harapnya.

Menurut dia, festival budaya Makhgo Sekappung Libo merupakan yang pertama digelar sejak Kabupaten Lamtim berdiri 20 tahun lalu. Karena itu, pemkab akan menjadikan festival tersebut sebagai agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun.  "Ke depan Festival ini harus dilanjutkan dan anggaran sepenuhnya akan dibebankan melalui APBD Kabupaten Lampung Timur," terangnya. 

Pengembangan program bidang pariwisat di Kabupaten Lamtim sejak tahun 2016  terus meningkat. Pada tahun 2018, tercatat jumlah kunjungan wisata mencapai  a 404.218 wisatawan dengan menyerap 6.771 pedagang.

"Kita akan terus berupaya lebih memaksimalkan pengembangan pariwsata di Lampung Timur," terangnya.

Pemkab Lamtim juga akan akan membantu upaya para tokoh adat melestarikan kebudayaan daerah. 

"Mohon dukungan kepada para penyimbang adat, semoga ke depan  pemkab bisa lebih maksimal membantu upaya pelestarian kebudayaan daerah," pintanya.

Camat Jabung Hendri Gunawan meminta  pemkab dapat memasukan adat dan kebudayaan menjadi materi pelajaran muatan lokal di setiap sekolah.

"Kami berharap materi adat budaya Lampung menjadi muatan lokal di tiap sekolah dari jenjang  SD,SMP hingga SMA, khususnya di Kecamatan Jabung," harapnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan pengurus adat Makhgo Sekappung Libo yang meliputi enam desa: Jabung,  Nagarabatin,  NegaraSaka, Bungkuk, Asahan dan Desa Gunungsugih kecil. (rif)


Leave a Comment