Masyarakat Diminta Bersabar Menunggu Pengumuman PPDB

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar. Foto: ist

Harianmomentum.com--Masyarakat Provinsi Lampung diminta bersabar dalam menunggu pengumuman hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Sulpakar mengatakan, saat ini peraturan gubernur (pergub) terkait pelaksanaan PPDB sedang dievaluasi.

 

"Hari ini pergub sudah dibawa ke Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) untuk dievaluasi. Kita berharap prosesnya bisa selesai hari ini juga," kata dia saat dikonfirmasi harianmomentum.com, Jumat (21-6).

 

Menurut dia, jika proses evaluasi tersebut selesai hari ini, maka pada Selasa (25-6) tahapan PPBD sudah bisa dilanjutkan kembali.

 

"Kepada para calon siswa maupun wali murid diharap untuk bersabar. Tetap tenang, sebab prosesnya sedang berjalan," imbaunya.


Baca juga: Pengumuman PPDB Ditunda Hingga Dikeluarkannya Pergub

 

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini ada perubahan komposisi dalam mekanisme penerimaan siswa baru. Sebelumnya, 90 persen penerimaan melalui jalur zonasi, lima persen untuk jalur mutasi atau jalur pindah kerja orang tua calon siswa dan lima persennya lagi jalur prestasi.

 

"Saat ini komposisinya berubah, jalur zonasi 80 persen, jalur prestasi 15 persen dan lima persennya lagi untuk jalur yang diperuntukkan kepada calon siswa yang orang tuanya pindah bekerja," jelasnya.

 

Komposisi tersebut tetap mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 51 tahun 2018 tentang menerimaan siswa SD, SMP dan SMA.


"Jadi perubahan (persentase) bukan cuma di Lampung, tapi secara nasional. Kita menyesuaikan dengan sistem nasional," terangnya.(acw)

Berikan Komentar