PKS dan Gerindra Bandarlampung Jajaki Koalisi Pilwakot

Pertemuan para petinggi PKS dan Gerindra Kota Bandarlampung. Foto: ist

Harianmomentum.com--Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Bandarlampung mulai melakukan penjajakan soal koalisi partai politik (parpol) jelang Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) 2020.

Ketua DPD PKS Bandarlampung Aep Saripudin mengatakan, dia sudah bertemu langsung dengan Ketua Partai Gerindra Bandarlamung Andika Wibawa guna memulai proses penjajakan.

“Kami sudah bertemu dan berbincang-bincang. Pada intinya kami mulai melakukan penjajakan,” kata Aep kepada harianmomentum.com, Kamis (20-6).

Dalam perbincangan itu juga, kedua petinggi partai turut membahas soal sosok yang akan dimajukan sebagai calon walikota dan wakilnya. “Dari PKS sudah ada beberapa kandidat. Begitu juga Gerindra, sudah ada beberapa kandidatnya,” ujarnya.

Kandidat yang dimaksud diantaranya: Almuzzamil Yusuf (Ketua DPP PKS/DPRRI), Ahmad Mufti Salim (Ketum DPW PKS Lampung/DPRD Propinsi), Ade Utami Ibnu (Sekum DPW PKS Lampung/DPRD Propinsi) dan Muchlas Ermanto Bastari (Waketum DPD PKS Bandarlampung/DPRD Kota).

Dikabarkan, pada Pileg 2019 PKS mendapat suara sebanyak 68.275 (13 persen) dengan total enam kursi legislatif. Sedangkan Gerindra mendapat suara sebanyak 68.445 (13,10 persen) dengan total tujuh kursi legislatif.

Jika kedua parpol tersebut berkoalisi, tentunya dapat mengusung pasangan calon (paslon) pada Pilwakot mendatang. 

“Kalau kami berkoalisi maka bisa mengajukan kader sebagai calon walikota atau calon walikota. Bisa gerindra calon walikotanya, atau pks calon walikotanya, semua nanti akan mengerucut pada waktunya,” tutur Aep.

Apalagi, sambung dia, jika koalisi ini bisa bergabung dengan AN dan Demokrat sebagaimana koalisi pilpres. 

“Kalau kita bisa membentuk koalisi keumatan seperti halnya Pilpres, itu akan lebih baik. Sebab hasil suaranya akan lebih banyak sebagaimana koalisi pilpres,” katanya. 

Perlu diketahui, bahwa pada Pilpres 2019 suara 02 (Prabowo-Sandi) menang di Bandarlampung. 

“Kalau koalisi pada Pilpres terbentuk di Bandarlampung kita bisa menyeburnya koalisi keumatan,” jelasnya.

Diketahui, hadir dalam penjajakan tersebut dari PKS yakni: Aep Saripudin (Ketum DPD PKS Bandarlampung), Agus Djumadi (Sekum) dan Muchlas E Bastari (Waketum). 

Sementara dari Gerindra yakni: Andika Wibawa (Ketua DPC Gerindra Bandar Lampung) dan Imam S Soegiarto (Bendahara DPC).(acw)

Berikan Komentar