PPDB SMP di Metro Dibuka 27 Juni

Tanggal 21 Jun 2019 - Laporan - 953 Views
Kepala Disdikbud Kota Metro Ria Andari.

Harianmomentum.com--Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Metro akan dimulai 27 Juni mendatang. 

"Tanggal 27 Juni itu untuk jalur prestasi dan tenaga pendidik kependidikan, untuk pengumumanya 1 Juli 2019. Sedangkan untuk pendaftaran jalur zona, luar zona dan inklusi dibuka tanggal 1 Juli 2019 sampai 5 Juli 2019 dan pengumumannya 5 Juli," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro Ria Andari, Jumat (21-6). 

Dia menjelaskan, tahapan pendaftaran siswa bisa langsung datang ke sekolah pilihan dan membawa berkas sesuai persyaratan, setelah diterima petugas pendaftaran dan di verifikasi. 

"Setelah di verifikasi peserta akan mendapat satu lembar cetak verifikasi berkas. Nanti pengumumanya bisa dilihat di https://metro.siap-ppdb.com," jelasnya. 

Dikatakanya, akan ada pengecualian bagi SMP yang terletak di pinggir kota, jika menggunakan jumlah kuota pendaftar dari sistem zonasi tidak terpenuhi boleh mengambil dari luar zonasi. 

"Kemarin ada pertanyaan dari sekolah yang dipinggir, seperti SMPN 10 Metro Pusat, SMPN 5 Metro Selatan, SMPN 8 Metro Utara, ya nanti diatur. Kalau lewat zonasi tidak mencukupi, boleh mengambil dari luar zonasi," katanya.

Dia meminta agar sekolah yang sebelumnya banyak berprestasi untuk meningkatkan pencapaiannya, begitupun dengan sekolah yang sebelumnya favorit, diharapkan dapat berbenah. 

"Ini saya minta ke sekolah yang dulunya favorit, sekarang kan menerima siswa yang belum berprestasi, jadi harus bisa membuat siswa tersebut berprestasi. Dan sekolah yang pinggiran dan belum banyak berprestasi, dimasuki oleh siswa berprestasi ya harus berbenah dong," ucapnya. 

Ia menambahkan, Disdikbud juga berencana untuk menerapkan zonasi untuk tenaga pendidik untuk pemerataan.

"Tapi belum dalam waktu dekat. Masih mau kita tata dulu, kita data dulu. Takutnya nanti setelah diterapkan ternyata ada kelurahan yang kebanyakan dan ada yang kekurangan guru," imbuhnya.(pie)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com