Haji Marbrur Ditandai dengan Kesalehan Personal dan Sosial

Tanggal 25 Jun 2019 - Laporan - 605 Views
Raden Adipati Surya. Foto. Vit.

Harianmomentum.com--Bimbingan manasik haji ini bermanfaat bagi calon jamaah haji untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Waykanan pada saat membuka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Waykanan Tahun 2019 yang berlangsung di Kompleks  Islamic Centre, Kecamatan Blambanganumpu, Selasa (25/06/19).

Adipati menyampaikan selamat kepada seluruh jamaah calon haji Kabupaten Waykanan yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji. 

"Sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita tertunda keberangkatannya karena berbagai hal," katanya.

Karena itu, dia meminta para calon jemaah haji untuk mempersiapkan diri dengan baik, baik persiapan fisik maupun mental, termasuk pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan haji.

Dengan demikian para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun haji dengan sempurna. 

Manasik haji dilaksanakan dengan tujuan agar para jamaah lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan ibadah haji dan ibadah hajinya mabrur.

Nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial. 

Kemabruran haji sesungguhnya berdimensi vertikal dan horizontal. Dimensi vertikal  ditandai dengan meningkatnya kesalehan personal, sementara  dimensi horizontal ditunjukkan dengan makin meningkatnya kesalehan sosial.  

Dari kedua dimensi itulah, semua yang telah menunaikan ibadah haji hendaknya mampu menyeimbangkan antara kesalehan personal dan  kesalehan sosial. (vit).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


Gelar Buka Bersama, Apdesi Sungkai Utara Baha ...

MOMENTUM, Sungkai Utara--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indones ...


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com