Menhan Hadiri Halalbihalal di Lamban Balak Marga Legun Kebandaran Wayurang

Tanggal 30 Jun 2019 - Laporan - 846 Views
Ryamizard Ryakudu. Foto. Alp.

Harianmomentum.com--Marga Legun Kebandaran Wayurang, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, bersama tiga paksi memprakarsai halalbihalal untuk menjalalin silaturahmi serta menjaga kesatuan dan persatuan lima marga adat di wilayah setempat , Ahad (30-6-2019).

Halalbihalal yang berlangsung Lamban Balak  (rumah besar/rumah adat) Marga Legun itu dihadiri Ketua Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Adat Lampung (Yapemal) Ryamizard Ryacudu yang juga Menteri Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia (Menhan RI). 

Ryamirzad yang bergelar adat Sutan Tuan Kacca Makhga datang bersama rombongan, didampingi Kapolda Lampung, Danrem 043 Gatam, Danlanal, dan Danbrigif.

Dalam sambutan usai deklarasi kebangsaan, Menhan mengatakan,  masyarakat Lampung harus bangga sebagai bagian dari 714 suku di Indonesia, sehingga akan timbul cinta tanah air dan bangsa.

"Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada sekarang persatuan Indonesia, Mari bersama-sama menjaga  keutuhan NKRI," harap Menhan.

Sementara Wakapolda Lampung Rudi Setiawan gelar Pangikhan Sangun Khatu Ya Bandakh II mengatakan, halalbihalal ini bertujuan bersilaturahmi untuk bersama-sama menciptakan kerukunan adat 5 Marga di Lampung Selatan.

"Para pemimpin harus mengedepankan lumbah malah mukhah kasih yang artinya rendah hati dan bijaksana dalam mengambil keputusan serta loyalitas terhadap pimpinan," ujar Rudi Setiawan.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Asisten Ekobang Mulyadi Saleh mewakili Bupati Lamsel, Ketua DPRD, Kapolres Lamsel, Dandim 0421 Lamsel seta jajaran kepala dinas. Para tokoh adat 5 marga Lampung  Selatan yaitu Pangikhan Sangun Khatu Ya Bandakh II, Pangikhan Naga Bringsang dari Marga Dantaran, Pangikhan Sasuhunan Sampurna Jaya dari Marga Katibung. 

Pangikhan Dari Marga Rajabasa diwakili oleh Dalom Kusuma Khatu, Marga Keratuan dihadiri oleh Dalom Kusuma Khatu. Pangeran Edward Syah Pernong di wakili oleh Gusti Batin Yani (alp).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bupati Buka Tanggamus Expo 2024 ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsa ...


Hadirkan Ribuan Anggota IKAPTK, Sulpakar Kena ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadirkan tidak kurang 2000-an anggot ...


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com