59 Persen Masyarakat Rasakan Manfaat Layanan Kesehatan Tradisional

Tanggal 04 Jul 2019 - Laporan - 638 Views
Erla Andrianti. Foto. Pie.

Harianmomentum.com--Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti, menyebut pelayanan kesehatan tradisional saat ini semakin diminati masyarakat. Termasuk pemanfaatan taman obat keluarga (Toga). 

“Hal ini didukung oleh kekayaan alam dan budaya yang ada di Indonesia. Pelayanan kesehatan yang saat ini dapat dimanfaatkan dalam pemeliharaan kesehatan secara mandiri salah satunya adalah Toga dan akupresur yang merupakan salah satu cara pengobatan tradisional,” kata Erla Andrianti, saat melakukan verifikasi lapangan tentang Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisonal Tingkat Provinsi Lampung, di Aula Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kamis (4-7-2019)

Dia mengungkapkan, menurut Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) tahun 2010 lalu. Sebesar 59,12 persen masyarakat pernah mengkonsumsi jamu dari rempah-rempah yang sangat dirasakan manfaatnya.

“Dari Riskesdas 2013 dan dalam 1 tahun terakhir sebesar 30,4 persen rumah tangga pernah memanfaatkan  pelayanan kesehatan tradisional. Jenis pelayanan kesehatan tradisional yang dimanfaatkan sebesar 77,8 persen dan ramuan sebesar 49 persen. 

Dalam upaya pengembangan kesehatan tradisional, pemerintah bertanggung jawab memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat, agar masyarakat dalam melakukan perawatan kesehatan secara mandiri dan benar, jelasnya.

Sekretaris Camat Metro Timur, Ferry Handono menambahkan, penyelenggara asuhan mandiri kesehatan tradisional sebagai pendekatan keluarga sehat.

“Kegiatan pemanfaatan Toga di kecamatan pada dasarnya sudah terjalin kemitraan lintas sektor seperti Dinas Ketahanan Pangan, TP PKK Kota Metro, TP PKK Kecamatan, Puskemas, sekolah dan mitra swasta lainnya," tambahnya.

Dia mengapresiasi atas upaya Kelompok Asuhan Mandiri Anggrek di kelurahan, khususnya Kelurahan Yosorejo dan  Kelurahan Purwoasri yang dipandang berprestasi dan mewakili Kota Metro dalam Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Kelompok Toga dan Akupresur Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019.

”Saya mengharapkan jangan berhenti ketika usai penilaian ini saja, tapi kegiatan ini berkelanjutan dan kesinambungan secara mandiri,” harapnya.(pie).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com