Hobi Bonsai dan Mau Gabung PPBI, Ini Caranya

Tanggal 07 Jul 2019 - Laporan - 898 Views
Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia Kota Metro. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Bergabung dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) akan memperoleh banyak manfaat, terutama pengetahun tentang bonsai.

Para pecinta bonsai di Bumi Sai Wawai yang belum memiliki perkumpulan dan ingin bergabung dengan PPBI Cabang Kota Metro, caranya mudah. Cukup datang ke Sekretariat PPBI di Prasanti Garden blok A 10 No. 20. 

Selain itu, bisa juga dengan menghadiri kopi darat (kopdar) PPBI dua kali dalam sebulan di Samber Park atau bersamaan dengan jadwal car free day yang diselenggarakan Pemkot Metro.

"Kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi pecinta bonsai yang ingin bergabung. Datang saja ke sekretariat kami, atau ke kopdar PPBI di Samber Park. Kami selalu sediakan blanko pendaftaran untuk anggota baru," ajak Ketua PPBI Cabang Kota Metro Haidirsyah saat kopdar di Samber Park, Minggu (7-7-2019).

Menurut dia, banyak manfaat bagi pecinta bonsai jika bergabung PPBI. Seperti pengetahuan seputar bonsai, baik perawatan, pembentukan hingga budidaya.

"Anggota PPBI sampai saat ini sudah mencapai 50 orang termasuk pengurus.  Dan isinya lengkap, ada pembudidaya, pebisnis, kolektor, seniman, dan kontes. Jadi ketika sharing semua informasi bisa didapat," tukasnya.

Kesempatan yang sama, Sekretaris PPBI Cabang Kota Metro Baharuddin atau lebih akrab disapa Cik Din menambahkan, kegiatan kali ini merupakan kopdar kedua yang digelar kalangan komunitas pencinta bonsai metro dan PPBI Kota Metro. Pekan lalu, kopdar digelar sebagai ajang silaturahmi kumpul bareng para komunitas dan  anggota PPBI di Taman Merdeka.

"Rencananya kopdar ini menjadi agenda rutin PPBI yang digelar berbarengan dengan jadwal car free day. Jadi selain bersilaturahmi antar anggota, PPBI juga ikut meramaikan kegiatan pemerintah," ungkapnya.

Selain sebagai ajang silaturahmi, Kopdar PPBI juga memamerkan koleksi bonsai pribadi para anggota. Sehingga mampu menarik minat pengunjung untuk mengetahui lebih jauh tentang bonsai.

"Kopdar berikutnya kami juga berencana memberikan pengetahuan seputar pembentukan dan bagaimana cara merawat bonsai. Jadi buat pecinta bonsai jangan ragu untuk datang ke Kopdar kami di Sambar Park saat car free day. Hitung-hitung menambah saudara, silaturahmi sesama penghobi, dan pengetahuan," imbuhnya. 

Menurutnya, selain dapat dinikmati keindahannya, bonsai juga memiliki nilai ekonomis yang bisa menjadi investasi. Pun memiliki nilai prestisius bagi sang pemilik jika dipajang di halaman rumah.

"Tanaman hias bonsai ini juga punya nilai enokomis. Tetapi tidak ada standarisasi harga, tergantung kesepakatan penjual dan pembelinya. Intinya bonsai ini juga bisa memunculkan ekonomi kreatif baru di Kota Metro," katanya. (rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


Polsek Lambukibang Berbagi Takjil untuk Perer ...

MOMENTUM, Lambukibang--Bulan Ramadan menjadi ajang untuk berbagi ...


Asek THR ASN-THLS Pemkab Lampung Selatan Cair ...

MOMENTUM, Kalianda--Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) m ...


Media Diajak Kawal Pembangunan di Pesibar ...

MOMENTUM, Krui--Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com