Gubernur se-Sumatera Setuju Usulkan Lampung sebagai Alternatif Ibukota

Tanggal 09 Jul 2019 - Laporan - 1781 Views
Suasana rakor gubernur se-Sumatera di Bengkulu.

Harianmomentum.com--Gubernur se-Sumatera setuju untuk mengusulkan Lampung sebagai alternatif ibukota negara menggantikan Jakarta. Persetujuan tersebut diberikan saat rapat Koordinasi (Rakor) dengan gubernur se-Sumatera di Bengkulu, Selasa (9-7-2019).

Penjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Fahrizal Darminto menyebutkan dalam forum itu Gubernur Arinal Djunaidi memaparkan tentang kesiapan Lampung sebagai alternatif IKN.

"Jadi gubernur memaparkan kesiapan Lampung dan forum menyatakan setuju," ujar Fahrizal.

Dia menyebutkan nantinya akan ada kesepakatan tertulis dari gubernur se-Sumatera sebagai bentuk usulan terhadap Lampung.

"Jadi nanti itu akan ada banyak kesepakatan. Salah satunya soal dukungan terhadap Lampung sebagai alternatif ibukota," terangnya.

Sebelumnya, Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) memasukkan Provinsi Lampung sebagai salah satu dari empat calon lokasi pusat pemerintahan baru Indonesia.

Selain Lampung, tiga daerah lain yang menjadi kandidat Ibukota negara: Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dari keempat calon Ibu Kota Indonesia itu, Provinsi Lampung menjadi satu-satunya yang mewakili Pulau Sumatera yang memenuhi syarat menjadi “Jakarta baru.”

Dari sembilan kriteria yang dilansir Bappenas, Lampung dinilai paling siap menjadi ibukota RI, yakni aman dari cincin api, ada akses pelabuhan, ketersediaan air bersih, pembiayaan infrastruktur rendah.

Selain itu juga dominasi lahan milik pemerintah, dekat dengan ibukota yang sudah berkembang, budayanya terbuka terhadap pendatang, serta memiliki parameter pertahanan dan keamanan (Hankam). (adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


18 Pelamar JPTP Lulus Uji Kompetensi, Satu Gu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro ...


Bupati Lamsel Serahkan 14 Sertifikat Gratis P ...

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermant ...


Pj Bupati Tulangbawang Barat Ziarah ke Makam ...

MOMENTUM, Pagardewa -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com