Wakili Lampung, Mahasiswi Darmajaya Ikut Ekstor 2019

Mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Rosha Assyfa//ist

Harianmomentum.com--Mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Rosha Assyfa terpilih menjadi peserta Ekspedisi Inspirator Nusantara (Ekstor) 2019 Lombok dan Sailus oleh Sahabat Inspirator Indonesia.

Mahasiswi Teknik Informatika itu menjadi satu-satunya wakil Provinsi Lampung bersama 32 peserta se-Indonesia untuk menjalani berbagai kegiatan mulai 13-28 Juli 2019.

Sebelumnya, Ocha biasa disapa— 6 Maret 2019 mengikuti proses pendaftaran dan diumumkan pada 22 April 2019 terpilih dengan kategori fully funded (didanai penuh). Ocha mengaku tidak percaya bisa terpilih karena saingannya sangat banyak.

“Saya dikabari oleh teman, kalau dari ITERA (Institut Teknologi Sumatera) daftar ada dua tapi tidak lolos. Kalau dari Lampung tidak tahu siapa saja yang ikut tetapi banyak karena terdapat 32 peserta yang terpilih,” ucapnya sebagaimana rilis yang diterima harianmomentum.com, Senin (9-7).

Mahasiswi yang hobi menulis ini juga telah lama bergelut dalam kegiatan volunteer.

“Saya sudah lama bergerak dalam kegiatan para relawan, sehingga tidak ada alasan saya untuk tidak mau mendaftar. Pada kegiatan Ekstor adalah membantu masyarakat khususnya di daerah pulau Lombok dan pulau Sailus Sulawesi Selatan yang benar-benar membutuhkan uluran tangan kita dari krisis ekonomi dan krisis global,” jelasnya.

Ocha pun mendapat dukungan dari kedua orang tua dan kampus untuk mengikuti kegiatan Ekstor 2019. “Orang tua juga mendukung, mereka setuju karena mereka percaya kalau anaknya bisa menjadi inspirator. Kampus IIB Darmajaya sangat support dengan memberikan dana bantuan,” ujarnya.

Kegiatan volunteer tingkat nasional ini, lanjut dia, pertama kali diikutinya dengan wilayah pengabdian yang cukup jauh.

“Saya kebagian dalam bidang sosial lingkungan dan pendidikan. Jadi bisa berbagi ilmu dan beberapa pengalaman juga. Nanti juga akan mengenalkan Lampung kepada masyarakat di Lombok dan Sulawesi Selatan,” bebernya.

Mahasiswi semester IV ini akan mengajarkan kepada masyarakat terkait penggunaan komputer.

“Saya dari jurusan Teknik Informatika akan menyampaikan seputar perkomputeran dengan menunjukkan video. Disana juga akan mengenalkan Lampung yang dikenal dengan gajahnya. Jadi tidak hanya gajah saja Lampung supaya warga disana tahu Provinsi Lampung dan pastinya kampus Darmajaya,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Rektor IIB Darmajaya, Ir. Firmansyah Y. Alfian mendukung kegiatan mahasiswa/i kampus biru Darmajaya dalam melakukan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

“Selama kegiatan yang dilakukan positif dan sangat bermanfaat bagi pengetahuan serta pengayaan akademisnya kampus support,” ucapnya.

Terpilihnya Rosha, kata Rektor, menjadi perwakilan Lampung agar dapat mengenalkan Provinsi ini kepada masyarakat di Lombok dan Sulawesi Selatan.

“Bawalah nama Darmajaya dalam Ekstor di Lombok dan Sulawesi Selatan sesuai dengan slogan The Best,” tutupnya.(ril)

Berikan Komentar