Pringsewu dan UT Sepakat Kerja Sama

Tanggal 16 Jul 2019 - Laporan - 825 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi (tiga dari kiri) bersama jajaran rektorat Universitas Terbuka di Kampung Pondokcabe, Kota Tangerang Selatan

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan Universitas Terbuka (UT) sepakat untuk menjalin kerja sama.

Kesepakatan itu dicapai pada kunjungan kerja Wakik Bupati Pringsewu Fauzi ke kampus UT di Pondokcabe, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Selasa (16-7-2019).

Pada kunjungan tersebut Wabup Fauzi diterima langsung Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. 

"Ini merupakan kunjungan balasan, tindak lanjut dari pertemuan dengan jajaran UT di Kabupaten Pringsewu beberapa waktu. Alhamdulillah, kita sepakat untuk menjalin kerja sama," kata wabup melalui rilis pada Harianmomentum.com.

Terkait bentuk kerja sama itu, menurut wabup masih akan dibahas lebih lanjut. "Untuk bentuk kerja samanya masih akan kita bicarakan. Nanti sekaligus akan ditungkan dalan nota kesepahaman, atua MoU," terangnya.

Beberapa waktu lalu, Wabup Fauzi menerima kunjungan  ajaran Universitas Terbuka (UT) yang terdiri dari: Kepala UPBJJ UT Bandarlampung Sri Ismulyaty, Kepala Prodi Akuntansi Keuangan Publik UT Noorina Hartati. Kepala Prodi Akuntansi UT Rini Dwiyani, Manajer BBLBA UT Lampung Agus Iskandar, dan Dosen UT Jakarta Yosi.

Saat itu Kepala UPBJJ UT BandalLampung Sri Ismulyaty menjelaskan tujuan audensi dengan Wabup Pringsewu untuk menjajaki  kemungkinan kerja sama antara bidang pendidikan.

Dia memaparkan, Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. 

"UT  berdiri pada tahun 1981 dan menjadi perguruan tinggi negeri yang ke 45, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 41 Tahun 1984," paparnya. 

Dia menerangkan, istilah terbuka dalam sistem pendidikan UT, mengandung makna bahwa setiap orang dapat menjadi mahasiswanya tanpa pembatasan usia, tahun kelulusan ijazah SLTA, masa belajar, waktu registrasi dan frekuensi mengikuti ujian.

Sedang jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara mahasiswa dengan dosen. Jarak itu dijembatani dengan media yang khusus dikembangkan untuk belajar jarak jauh. 

"Di Kabupaten Pringsewu s saat ini tercatat ada seribuan mahasiswa UT, sedangkan yang aktif ada sekitar 800 mahasiswa," ungkapnya. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com