PT Infokom Sediakan Jaringan Data Khusus PTPN VII

Tanggal 17 Jul 2019 - Laporan - 682 Views
Muhammad Hanugroho dan Widhy Nugroho. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Panjangnya rentang kendali dan kompleksitas data di PT Perkebunan Nusantara VII menjadi tantangan manajemen memasuki era digital. 

Menjawab tantangan itu, BUMN perkebunan yang berkantor pusat di Bandarlampung itu menggandeng PT Infokom Elektrindo sebagai penyedia infrastruktur telekomunikasi berbasis digital dan layanan data.

Penandatangan naskah kerja sama atau MoU dua perusahaan ini dilakukan di Kantor Direksi PTPN VII di Kedaton, Bandarlampung, Rabu (17-7-19). 

Naskah MoU ditanda-tangani Direktur Utama PTPN VII Muhammad Hanugroho dan Managing Director PT Infokom Elektrindo Widhy Nugroho. 

Hadir pada acara itu, Direktur Komersil PTPN VII Ahmad Sudarto, Direktur Operasional Ahmad Husairi, dan para pejabat utama. Sedangkan dari PT Infokom Elektrindo, hadir Direktur Keuangan Ahmad Sugiri.

Menurut Hanugroho atau Oho, konektivitas data di era digital saat ini adalah kebutuhan basis. Sementara, wilayah kerja PTPN VII yang berada di tiga provinsi dan beberapa berada pada blank spot signal telekomunikasi nirkabel, menjadi kendala tersendiri.

“Kami punya kebun yang berada di tiga provinsi, Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu yang beberapa diantaranya blank spot. Dan untuk diketahui, di internal administrasi, kami sudah pakai ERP (enterprise resource planning, red) SAP, sistem informasi pelaporan berbasis digital yang sangat tergantung dengan konektivitas internet,” kata dia.

Oleh karena itu, kata Oho, perusahaan membutuhkan infrastruktur konektivitas yang bisa memback up kegiatan pelaporan dari seluruh unit. Sebab, jika ada beberapa unit yang tidak terjangkau sinyal atau sinyalnya kurang memadai, akan mengganggu seluruh sistem pada ERP.

“Saya berterima kasih kepada PT. Infokom Elektrindo yang mulai hari ini bekerja sama dengan PTPN VII dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan juga layanan data. Untuk tahap awal, kita akan bangun konektivitas seluruh unit di wilayah Lampung. Saya berpesan kepada kita semua, mari kita jaga kerja sama ini dengan penuh komitmen dan bertanggung jawab,” kata dia.

Sementara itu, Widhy Nugroho menyampaikan apresiasi atas kepercayaan PTPN VII kepada Infokom. Perusahaan MNC Group ini didirikan sebagai supporting system perusahaan media. Layanan yang diberikan adalah penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan penyedia data berbasis digital.

“Kami berdiri sejak 2016 dan saat ini memiliki lebih dari seribu klien dalam bidang penyediaan infrastruktur telekomunikasi. Beberapa klien kami ada di wilayah timur Indonesia, antara lain Bank Papua, Bank Sulses, dan beberapa bank lain. Pengalaman kami melayani klien dari daerah yang jauh dari jangkauan fasilitas telekomunikasi itu menjadi modal kami optimistis bisa bekerja sama secara maksimal dengan PTPN VII,” kata Widhy Nugroho.

Infokom segera mambangun jaringan telekomunikasi berbasis serat optik (fiber optic) untuk menghubungkan seluruh unit bisnis PTPN VII. Dengan serat optik, layanan data administrasi dan pelaporan yang membutuhkan kecepatan dan akurasi akan terlayani dengan stabilitas yang baik.

“Layanan telekomunikasi yang baik akan menjadi infrastruktur terpenting dalam dunia bisnis berbasis digital saat ini. Kalau kita mengandalkan sinyal umun yang disediakan oleh provider, akan rentan terjadi gangguan. Di situlah kami memiliki kompetensi,” kata dia.

Usai penadatanganan naskah kerja sama, dilakukan kunjungan ke dua unit bisnis PTPN VII. Yakni, kebun dan pabrik karet Unit Kedaton dan kebun serta pabrik Kelapa Sawit Unit Bekri di Lampung Tengah. (rel).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com