KPU Lamtim Tetapkan Aleg Terpilih

Tanggal 22 Jul 2019 - Laporan - 607 Views
Ilustrasi penetapan aleg terpilih//ist

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Timur akan menetapkan 50 angota legislatif (aleg) terpilih periode 2019-2024 ditetapkan pada Senin (22-7-2019).

Menurut Komisioner KPU Lamtim Husin, kegiatan itu akan berlangsung di aula kantor KPU setempat, mulai pukul 14.00 WIB.

Husin menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan formulir model DB (rekapitulasi kabupaten) untuk persiapan penetapan aleg terpilih.

“Dari DB kita lakukan penghitungan secara manual, bisa juga menggunakan situng,” kata Husin saat diwawancarai harianmomentum.com, Minggu (21-7).

Selanjutnya, sambung dia, KPU akan menggunakan microsoft excel untuk penghitungan perolehan kursi masing-masing parpol. “Barulah kita tetapkan calon terpilih sesuai mekanismenya,” ujarnya.

Dia menuturkan, pihaknya telah menyampaikan undangan plemo penetapan aleg terpilih ke seluruh partai politik (parpol) di wilayah setempat.

“Undangan kami tujukan kepada ketua parpol, tapi bagi caleg yang ingin datang dipersilahkan sebab kegaitan terbuka untuk umum,” kata Husin.

Selain ketua parpol, pihaknya juga mengundang forum kordinasi pimpinan daerah (forkopimda) di kabupaten setempat.

“Persiapan untuk pleno penetapan besok Insyaallah sudah siap semua. Kalau pun masih ada yang kurang akan kita lengkapi besok pagi,” katanya.

Untuk mengantisipasi adanya kericuhan saat pleno berlangsung mereka telah meminta pengamanan dari Polres Lamtim. “Mudah-mudahan kegiatan besok berjalan kondusif,” harapnya.

Kegaitan tersebut diperkirakan rampung dalam waktu kurang-lebih dua jam. “Ini kan hanya penetapan, jadi tidak lama seperti pleno penghitungan suara,” jelasnya.

Hasil dari pleno tersebut akan dikirimkan ke KPU Provinsi Lampung. Selanjutnya KPU Provinsi Lampung akan menyerahkannya ke KPU RI. “Tembusan juga akan kita kirimkan ke Pemkab Pesawaran,” ucapnya.(acw/ap)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Seluruh DPC Gerindra Lampung Sepakat Usulkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Part ...


PAN Lampung Buka Penjaringan Bakal Calon Kepa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aman ...


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com