Lampung Timur Raih Penghargan Kabupaten Layak Anak

Tanggal 24 Jul 2019 - Laporan - 915 Views
Yohana Yembise dan Zaiful Bokhari. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) menerima penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kepada Bupati Lamtim Zaiful Bokhari pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN), di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa malam (23-7-2019).

Yohana Yembise mengatakan pemerintah daerah tidak perlu takut melaksanakan komitmen berkaitan dengan urusan perempuan dan anak.

Pemerintah daerah tidak perlu takut melaksanakan komitmen melalui berbagai kebijakan, program, kegiatan, dan anggaran untuk urusan perempuan dan anak.

Anak merupakan investasi masa depan sesuai dengan komitmen PBB bahwa anak-anak akan menjadi generasi penerus masa depan bangsa. "Targetnya, pada 2030 Indonesia sudah layak anak, provinsi belum bisa mendapat layak anak bila kabupaten/kota belum memenuhi target," ujarnya.

Sementara Bupati Zaiful mengatakan, sejak menjabat sebagai wakil bupati pada 2016 silam berpasangan dengan Chusnunia, telah berkomitmen bersama seluruh stakeholder untuk mencegah dan menghilangkan kekerasan terhadap anak.

“Alhamdulillah, di Lampung Timur karena kami telah melakukan penataan sejak tahun 2016 sampai sekarang dan berkomitmen bersama antara pemerintah kabupaten bersama seluruh stake holder untuk bisa mencegah serta menghilangkan kekerasan terhadap anak," ujarnya.

Menurut Zaiful, Kabupaten Lampung Timur meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak dengan predikat Madya. Predikat ini meningkat dari tahun sebelumnya yakni Pratama.

“Ke depan akan lebih disinergikan lagi seluruh elemen supaya peringkat penghargaan yang diperoleh meningkat menjadi utama. Sepulang dari Makassar ini akan dirapatkan dan satukan langkah untuk mencapai tujuan tadi," kata Zaiful. 

Diketahui, untuk Provinsi Lampung, hanya Kabupaten Lamtim dan Kota Bandarlampung yang memperoleh peringkat madya. Sementara predikat pratama diraih Kabupaten Pringsewu, Waykanan, Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Kota Metro. 

Mendampingi Zaiful dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk, Farida Norma, Kepala Bagian Protokol Setdakab Lampung Timur, Khoirul Anam, Kepala Bagian Humas Setdakab Lampung Timur, Mujianto, serta Sekertaris Korpri, Cahya Budi Permana.  (rif).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yayasan Alfian Husin Bagikan 100 Nasi Kotak k ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Setelah membagikan 100 nasi kotak se ...


Gandeng Gramedia dan FLL, Fakultas Adab UIN G ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Untuk meningkatkan pemahaman akan penti ...


Cegah Kekerasan Seksual, PSGA UIN Raden Intan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lemb ...


Dosen UIN Raden Intan Lampung Syiar Ramadan d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dosen Fakultas Syariah Universitas Islam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com