Bangun Smart City, Tulangbawang Gandeng Pemkab Banyuwangi

Tanggal 28 Jul 2019 - Laporan - 679 Views
Abdullah Azwar Anas dan Winarti. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang akan membangun Smart City dan Smart Kampung atau kota/kampung pintar berbasis teknologi informasi. 

Pemkab Tulangbawang meraih kesepakatan kerja sama denganPemkab Banyuwangi. Kesepatan ini dicapai saat Bupati Tulangbawang Winarti bersama rombongan berkunjung ke Banyuwangi, Sabtu (27-7-2019).

Naskah kesepahaman atau MoU antara kedua pemerintah kabupaten itu ditandatangani Bupati Tulangbawang Winarti dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat kunjungan itu.

Dalam kunjungan itu, Diskominfo Tulangbawang fokus mempelajari sistem Smart City untuk selanjutnya diterapkan di Tulangbawang. "Smart City di Kabuapten Banyuwangi kini menjadi rujukan daerah lain di Indonesia," kata Wianrti.

Dalam kerja sama ini, kata dia, Pemkab Banyuwangi akan memberikan pendampingan dalam penerapan E-government berbasis elektronik agar Tulangbawang bisa cepat menerapkan sistem Smart City.

Banyuwangi adalah tempat yang tepat untuk belajar Smart City, Smart Kampung. Penerapan smart city di Banyuwangi, menghasilkan berbagai inovasi, efisiensi dan kemudahan, murah biaya serta cepatnya pelayanan masyarakat. 

"Kami minta dukungan Pak Bupati Anas, supaya kami bisa cepat menerapkan sistem Smart City di Tulangbawang, karena Smart City serta Smart Kampung di sini sangat maju," kata Winarti.

Sementara, Bupati Banyuwangi menyampaikan, bahwa untuk menuju perubahan yang lebih baik, harus melompat dan berlari. "Untuk saat ini saja Banyuwangi terus melakukan hal itu, kita tidak bisa sekadar berjalan, karena kita akan tertinggal bila seperti itu," sebutnya memberikan motivasi untuk Tulangbawang.

"Kami saja sering menerima tamu di malam Minggu seperti ini, kerja keras kami dan kemauan semua pihak, membuat kami bisa seperti ini," tutur Bupati Anas sembari mengenalkan beberapa SKPD. (rhm).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


Polsek Lambukibang Berbagi Takjil untuk Perer ...

MOMENTUM, Lambukibang--Bulan Ramadan menjadi ajang untuk berbagi ...


Asek THR ASN-THLS Pemkab Lampung Selatan Cair ...

MOMENTUM, Kalianda--Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) m ...


Media Diajak Kawal Pembangunan di Pesibar ...

MOMENTUM, Krui--Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com