Perbaikan Jalintim Tanpa Rambu Lalu Lintas, Ini Kata Kasat Lantas Polres Tuba

Tanggal 29 Jul 2019 - Laporan - 660 Views
Proses perbaikan ruas Jalintim di wilayah Kabupaten Tulangbawang ini, tidak memasang plang rambu-rambu peringatan untuk para pengguna jalan tersebut

Harianmomemtum.com--Tidak adanya plang rambu lalu lintas pada proses pekerjaan proyek perbaikan ruas jalan nasinoal Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di wilayah Kabupaten Tulangbawang (Tuba), menuai reaksi kepolisian setempat.

Kepala Satuan Lalu Lintas  Polres Tuba AKP. Agustinus Rinto menyesalkan kodisi tersebut.

Menurut dia, seharusnya pihal pelaksana proyek (PT Jaya Konstruksi) tetap mengutamakan keselamatan pekerja dan pengguna jalan. 

"Pemasangan plang rambu-rambu bukan sekedar sebagai tanda peringatan saja, tapi juga kewajiban pemasanganya diatur dalam  pasal 274 Undang-Undang Nomor: 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," kata AKP  Agustinus mewakili Kapolres Tulangbawang AKBP Syaiful Wahyudi, Senin (29-7-2019).

Baca juga: Bahaya..! Proyek Perbaikan Jalintim Tanpa Plang Rambu Lalu Lintas

Dia melanjutkan, pelanggaran atas aturan tersebut bisa dikenaik sanksi pidana. Pada ayat 1 pasal 274 Undang-Undang Nomor:22 Tahun 2009 tentang lalu lintas disebutkan  setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan kerusakan dan atau gangguan fungsi jalan bisa dipidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp24 juta.

“Seandainya terjadi kecelakaan akibatkan  proses perbaikan jalan dan tidak memasang rambu-rambu lalu lintas, jelas bisa dipidana.  Makanya kita imbau, jangan sampai ada yang tidak memasang rambu- ambu saat pengerjaan jalan," terangnya. (rhm)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


Hingga H-3 Lebaran, 17.593 Pemudik Tiba di Ba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga H-3 lebaran, 17 penumpang tiba di ...


DK PWI Pusat: Bantuan BUMN untuk UKW Harus Di ...

MOMENTUM, Jakarta -- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Te ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com