Panjat Gunung Rahmah, Jemaah Calon Haji Meninggal di Mekkah

Tanggal 01 Agu 2019 - Laporan - 581 Views
Petugas evakuasi calon haji dari Jabal Rahmah./ist

Harianmomentum.com-- Siti Aminah Takrip Abu (61), jemaah calon haji asal Kota Surabaya dikabarkan meninggal dunia saat mendaki gunung (Jabal) Rahmah, Kota Mekkah.

Menurut keterangan kontributor harianmomentum.com di Mekkah, Rozy Alfian, wanita itu ditemukan oleh petugas haji dalam keadaan tidak sadarkan diri, Kamis (1-8-2019), waktu Arab Saudi. 

Petugas haji yang menemukannya langsung memberikan pertolongan pertama hingga anggota jemaah tersebut sempat bernafas, namun kembali tidak sadarkan diri. 

Kemudian langsung dibawa ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia. Selanjutnya langsung dilarikan menuju Rumah Sakit Arab Saudi An Nur yang berada di Kota Mekkah, menggunakan ambulan.

Menurut penanggung jawab medis Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Dokter Meity Ardiana mengungkapkan, setibanya di RS An Nur Arab Saudi, anggota jemaah asal embarkasi surabaya tersebut dinyatakan sudah tidak tertolong.

“Listrik jantungnya masih terdeteksi, tapi nadinya tidak terdeteksi lagi. Pasien tidak tertolong, meninggal di rumah sakit,” lanjut Meity.

Terkait kejadian tersebut, Dokter Meity Ardiana mengimbau para jemaah agar lebih mengutamakan rukun haji, yakni wukuf di Arafah, pada beberapa hari kedepan. 

Saat ini jemaah sebaiknya tidak melakukan ziarah ataupun berkunjung ketempat- tempat yang bukan merupakan Rukun wajib Haji, seperti ziarah ke Laut Merah pendakian ke gunung yang menguras tenaga dan mengakibatkan dehidrasi.

Diketahui, ziarah ke Jabal Rahmah sebenarnya bukan bagian dari prosesi ibadah haji. Saat jamaah Siti Aminah ditemukan tidak sadarkan diri, suhu setempat sekitar 41 derajat Celcius. Kondisi ini tentu sangat beresiko ketika jamaah memaksakan diri naik ke puncak gunung yang tergolong tinggi itu. (rozy/ap)

Laporan kontributor Harian Momentum di Mekkah, Rozy Alfian.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


Hingga H-3 Lebaran, 17.593 Pemudik Tiba di Ba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga H-3 lebaran, 17 penumpang tiba di ...


DK PWI Pusat: Bantuan BUMN untuk UKW Harus Di ...

MOMENTUM, Jakarta -- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Te ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com