Pengangguran di Kota Metro Meningkat, 81 Persen Usia Angkatan Kerja

Tanggal 02 Agu 2019 - Laporan - 1086 Views
Pelatihan kerja (ilustrasi) foto. Ist.

Harianmomentum.com--Angka pengangguran terbuka di Kota Metro pada tahun 2018 mengalami kenaikan sekitar 1.200 orang menjadi 4.723 orang.

"Itu berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Metro tahun 2018. Memang iya ada peningkatan kurang lebih 1200-an orang," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro, Rakhmat Z Sesunan, Kamis (1-8-2019). 

Dia menyampaikan, dari jumlah tersebut, sebanyak 81,07 persen merupakan masyarakat dengan usia angkatan kerja.

Untuk mengurangi angka pengangguran tersebut, Disnakertrans rutin melakukan job canvassing atau pendataan lowongan kerja ke perusahaan yang ada di Provinsi Lampung. 

"Jadi nanti informasi lowongan kerja tersebut akan kita bagikan ke kelurahan dan kecamatan di Kota Metro. Supaya nantinya bisa diteruskan ke masyarakat. Itu termasuk syarat, kriteria maupun lainya," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Rakhmat, Disnakertrans juga menggelar job fair dua tahun sekali yang dilaksanakan pada bulan September.

"Kenapa bulan September, karena di bulan itulah anak-anak SMK lulus semua. Jadi harapanya setelah lulus mereka bisa langsung mendapat pekerjaan," tambahnya.

Ia menjelaskan, pelatihan-pelatihan bagi para pencari kerja juga dilakukan, salah satunya yakni pelatihan mencukur, servis handphone, dan juga membuat kue untuk ibu-ibu. 

"Kita juga bekerjasama dengan BLK di Bandung dan Bekasi. Kalau yang di Bandung itu khusus otomotif, yang di Bekasi khusus IT. Kemarin kita berangkatkan 15 orang untuk mengikuti pelatihan otomotif di BLK Bandung," jelasnya. 

Rakhmat menambahkan, hingga bulan Agustus 2019 ini, tercatat 187 orang mendaftar menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di berbagai negara. 

"Negara yang menjadi tujuan terbanyak yakni Taiwan dengan jumlah 104 masyarakat yang kesana. Sisanya TKI di Brunei Darussalam, Malaysia dan Hongkong," imbuhnya.(pie) 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gelar Buka Bersama, Apdesi Sungkai Utara Baha ...

MOMENTUM, Sungkai Utara--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indones ...


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


Polsek Lambukibang Berbagi Takjil untuk Perer ...

MOMENTUM, Lambukibang--Bulan Ramadan menjadi ajang untuk berbagi ...


Asek THR ASN-THLS Pemkab Lampung Selatan Cair ...

MOMENTUM, Kalianda--Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) m ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com