PHPU Legislatif, Gugatan Tiga Parpol Ditolak MK

Tanggal 07 Agu 2019 - Laporan - 855 Views
Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung Divisi Hukum Tamri (paling kanan) saat sidang di MK. Foto: ist

Harianmomentum.com--Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak gugatan tiga partai politik (parpol) yang mengajukan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) legislatif di Lampung.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung Tamri mengatakan, penolakan tersebut dibacakan dalam putusan PHPU legislatif di ruang sidang lantai dua Gedung MK, Jalan Medanmerdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (7-8-2019).

"Gugatan Partai Gerindra, Demokrat dan PKS di tolak oleh MK," kata Tamri kepada harianmomentum.com usai pembacaan putusan.

Komisioner Divisi Hukum itu menuturkan, Ketua Majelis Hakim Anwar usman menyatakan bahwa gugatan ketiga parpol tidak beralasan menurut hukum.

"Pada intinya, majelis menyatakan bahwa gugatan ketiga parpol tidak beralasan menurut hukum sehingga gugatan ditolak," jelasnya.

Baca juga: Sidang PHPU, Bawaslu Lampung Jadi Saksi

Diketahui, Partai Gerindra menggugat hasil pemilihan legislatif (pileg) DPR RI Lampung 2, DPRD Kota Bandarlampung dan DPRD Kabupaten Tanggamus.

Sedangkan Partai Demokrat menggugat hasil pileg DPRD Provinsi dapil Lampung Timur dan PKS mengugat hasil pileg DPRD Kota Metro.

Pada sidang sebelumnya, Selasa (6-8), MK memutuskan menggugurkan gugatan partai Berkarya sebagai pemohon PHPU legislatif DPR RI di daerah pemilihan (dapil) Lampung I dan II.

“Ketetepannya dinyatakan gugur karena waktu sidang pembuktian pemohon tidak hadir. Begitu juga hari ini dalam agenda pembacaan putusan, pemohon kembali tidak hadir,” kata Tamri.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pilkada 2024, Golkar Tak Buka Pendaftaran Bak ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Golkar Lampung tidak membuka pend ...


Sudin: Siapa Saja Boleh Nyalon, Asal Punya El ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Per ...


PDI Perjuangan Bentuk Tim Penjaringan Calon K ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demok ...


Setelah Putri Zulhas, PAN Lampung Munculkan N ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com