Gerbang Provinsi Lampung akan Dibangun di Jalan Ryacudu

Tanggal 07 Agu 2019 - Laporan - 847 Views
Tim Itera bersama Gubernur Arinal Djunaidi. Foto. Iwd.

Harianmomentum.com--Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyerahkan prarancangan pembangunan koridor Jalan Ryacudu yang akan menjadi gerbang Provinsi Lampung kepada Gubernur Arinal Djunaidi di Ruang Rapat Gubernur Lampung, Rabu (7-8-2019).

Menurut Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, gerbang dari arah tol Kota Baru itu, rencana lokasi pembangunannya di jalan yang melitasi Kampus Itera. Desainya dibuat sesuai permintaan Gubernur Lampung yang disampaikan saat berkunjung ke Itera beberapa waktu lalu.

"Desain gerbang Provinsi Lampung itu telah dibuat oleh tim dosen Itera dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, Arsitektur, Arsitektur Lanskap, dan Desain Komunikasi Visual Itera," jelasnya.

Dalam presentasinya, Rektor Itera mengatakan, desain yang dibuat merupakan penggabungan beberapa unsur seperti alam, teknologi hingga kebudayaan masyarakat Lampung. 

Seperti pembagian segmen koridor Ryacudu yang melintas dari Gerbang Tol Kota Baru – Terusan Ryacudu – Ryacudu - Soekarno-Hatta (Bay Pass) menggunakan penamaan sesuai falsapah hidup masyarakat Lampung yaitu Piil Pesengiri, seperti segmen Nemui- Nyimah, Juluk-Adok, Sakai-sambaian hingga Nengah-Nyampur. 

Selain itu di dalam setiap desain ditampilkan ciri khas ornamen Lampung seperti siger, hingga aneka motif khas Lampung.

"Selain menekankan keindahan, desain yang juga tetap mengutamakan kenyamanan, seperti memberikan akses bagi pejalan kaki, hingga pengguna sepeda, serta menyediakan ruang-ruang terbuka hijau yang nyaman," ujar Ofyar.

Gubernur Arinal Djunaidi menyambut baik pra-rancangan koridor Jalan Ryacudu yang telah dibuat tim dosen Itera. Diharapkan desain itu segera diaplikasikan, dalam pengembangan koridor Jalan Ryacudu yang saat ini merupakan jalan provinsi.

Gubernur Arinal juga mendorong agar Jalan Ryacudu hingga Gerbang Tol Kota Baru, mejadi ikon Lampung yang indah, nyaman dan ramah bagi masyarakat.

“Saya ingin pejalan kaki diberikan kenyamanan, atau bahkan koridor Ryacudu nantinya jadi tempat masyarakat untuk berolahraga,” tutur Arinal.

Arinal berharap Itera dapat terus berkontribusi dalam pembangunan provinsi Lampung, melalui kepakaran yang dimiliki oleh sumber daya manusianya.

"Meski sebagai perguruan tinggi baru, saya berharap Itera bisa banyak berkarya untuk membangun Provinsi Lampung," imbuhnya.

Selain memaparkan desain koridor Ryacudu, dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Rektor Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA menyampaikan program Itera for Sumatera kepada Gubernur Lampung.

Program tersebut merupakan program yang tengah diusung oleh Itera untuk turut berkontribusi membangun seluruh daerah di Sumatera. Program ini mengusung delapan komitmen diantaranya Itera akan melaksanakan layanan aneka kepakaran kreatif dan hilirisasi karya inovasi Sains – Teknologi untuk pembangunan daerah, mempercepat kemajuan daerah secara sistemik, afiliasi dengan program 1001 doktor luar negeri, hingga aktualisasi dan ikonisasi setiap provinsi/kabupaten/kota di Sumatera. (iwd).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com