Persiapan Wukuf, Jemaah Haji menuju Padang Arafah

Tanggal 10 Agu 2019 - Laporan - 1115 Views
Persiapan wukuf jemaah haji Indonesia asal Lampung.

MOMENTUM, Mekkah--Akhirnya puncak Haji tiba, waktunya jemaah menunaikan rukun haji dengan menjalani prosesi wukuf di padang Arafah.

Berdasarkan laporan kontributor Harian Momentum di Mekkah, Rozy Alfian menyebutkan, seluruh jemaah haji Indonesia beserta petugas mencapai 215.377 dari 529 kelompok terbang (kloter), mulai diberangkatkan secara bertahap ke padang Arafah.

Adapun untuk pemberangkatan jemaah haji Indonesia akan dijemput dari hotel masing-masing menuju Padang Arafah dan dibagi dalam tiga Trip. Trip pertama, berlangsung pada pukul 07.00 – 12.00 Waktu Arab Saudi, dilanjutkan trip kedua pukul 12.00 – 16.00 WAS, dan terakhir berangkatkan pada 16.00 – 24.00 WAS.

Wukuf di Arafah merupakan rukun inti ibadah haji. Untuk itu, seluruh jemaah haji termasuk yang sedang sakit atau wanita yang sedang haid tetap harus berada di kawasan Arafah pada 9 Zulhijah, minimal sesaat di antara waktu Zuhur hingga waktu sebelum matahari terbit pada tanggal 10 Dzulhijah.

Adapun wukuf yang paling utama dan sempurna adalah terus menerus berada di Arafah dari tergelincirnya matahari atau waktu dzuhur 9 Dzulhijah sampai dengan terbenamnya matahari atau Adzan Magrib 9 Dzulhijah.

Petugas TPHD Provinsi Lampung, Mashudi mengatakan bahwa Jemaah Haji kloter JKG 37 sudah seluruhnya berada di Arafah dan sudah menempati maktabnya masing-masing. Jemaah dlm keadaan sehat dan sudah memulai aktifitas, mulai dari sholat berjamaah dan berzikir serta bermunajat kepada Allah Subhanahu Wata'ala.

"Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan tambahan AC di tenda-tenda Jemaah Haji sehingga suhu didalam tenda terasa sejuk, makanannya juga enak dan forsinya cukup" ujar Mashudi.

Adapun Petugas TPHD Provinsi Lampung lainnya yaitu Asnan Sabirin yang mengawal kloter JKG 65 mengajak rekan-rekan sesama petugas dan juga para jemaah Lampung lainnya untuk menyempatkan diri mendokan Lampung Berjaya dan mendo'akan Pemimpin-Pemimpinnya, baik Gubernur dan Juga Wakil Gubernurnya.

"Sebaik-baik doa adalah doa hari Arafah, Mohon jangan lupa kepada seluruh petugas TPHD Provinsi Lampung dan juga Jemaah Haji asal Lampung untuk mendoakan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung agar diberikan kekuatan dalam memegang amanat memimpin masyarakat menuju Lampung Berjaya," ujar Asnan.(rozy)

Laporan kontributor Harian Momentum di Mekkah Arab Saudi, Rozy Alfian.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com