Distan Pesibar Salurkan Bantuan Alsintan

Tanggal 28 Agu 2019 - Laporan - 730 Views
Bupati Pesibar Agus Istiqlal menyerahkan bantuan bidang pertanian untuk para petani di kabupaten setempat

MOMENTUM, Pesisir Selatan--Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menyalaurkan bantuan bidang pertanian untuk para petani setempat.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pesibar Agus Istiqlal pada acara temu lapangan kader tani, di Pekon/Desa Biha, Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu (28-8-2019).

Kepala Distan Pesibar M Azis mengatakan bantuan itu berasal dari pemerintah pusat, berupa alat mesin pertanian (alsintan), benih tanaman dan bibit ternak.

Untuk bantuan alsintan berupa: 14 unit hand traktor, sembilan unit pompa air, tiga unit cultivator (traktor mini), dua unit rice milling (mesin giling padi).

Kemudian: 270 ekor ternak sapi. benih jagung  untuk luas tanam 50 hektar, benih padi gogo untuk 50 hektar, 10 ribu bibit kelapa, bibit bawang merah dan150 unit papan poktan.

"Bantuan tersebut dialokasikan untuk 253 kelompok tani (poktan) se-Kabupaten Pesisir Barat sebanyak. Hari ini, yang diserahkan secara simbolis untuk  17  kelompok tani," kata Azis pada Harianmomentum.com.  

Dia menambahkan, seluruh poktan tani penerima bantuan, telah diverifikasi secara administrasi dan teknis lapangan sesuai ketentuan aturan yang berlaku.  

Bupati Pesibar Agus Istiqlal pada kesempatan itu mengatakan, batuan tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap percepatan pencapaian swasembada pangan. 

"Bantuan ini bagian dari upaya khsusu pemerintah pusat untuk mempercepat pencapaian swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya di Kabupaten Pesisi Barat," kata bupati.

Bupati berpesan kepada poktan penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan tersebut sesuai ketentuan. "Gunakan bantuan ini sesuai peruntukanya," ujarnya. 

Bupati juga mengapresiasi kinerja para petugas penyuluh pertanian lapangan yang telah memberikan bimbingan kepada para pentani untuk meningkatkan produksi hasil budidaya pertanian. 

"Terima kasih kepada paran PPL dan jajaran Kodim 0422 Lampung Barat yang telah berperan aktif membantu upaya peningkatan produksi pertanian tanaman pangan di Kabupaten Pesisir Barat," ungkapnya. (asn)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bupati Pesawaran Apresiasi Gerakan Sinergi Re ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Gerakan Sinergi Reforma Agraria adalah bu ...


Gelar Lampung Half Marathon, Pemprov Libatkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi kembali menggelar L ...


Dinas Ketahanan Pangan Lampung Selatan Dimint ...

MOMENTUM, Kalianda--Pansus Banggar DPRD Lampung Selatan membahas ...


Pansus Banggar DPRD Pertanyakan Hasil Penelit ...

MOMENTUM, Kalianda--Panitia Khusus Badan Anggaran DPRD Lampung Se ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com