Umat Hindu Balishadar Gelar Upacara Ngaben Massal

Tanggal 04 Sep 2019 - Laporan - 690 Views
Raden Adipati Surya. Foto. Vit.

MOMENTUM, Banjit--Umat Hindu Kampung Balishadar Selatan, Kecamatan Banjir, Kabupaten Waykanan, melaksanakan upacara ngaben massal, Rabu (4-9-2019).

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengapresiasi semangat umat Hindu di Kampung Balishadar Selatan yang bergotong-royong melaksanakan upacara ngaben massal.

Adipati menilai positif pelaksanaan ngaben massal. Karena jika dilaksanakan sendiri-sendiri, membutuhkan biaya yang tidak sedikit serta tenaga yang banyak.

 Upacara ngaben --pembakaran jenazah, menurut Adipati, bagi Umat Hindu memuat nilai-nilai religius yang sangat bermakna bagi kehidupan, termasuk nilai kebersamaan dan kegotong-royongan. 

Selain itu, ngaben masal juga memuat nilai penting lainnya, yakni menumbuhkan semangat silaturahmi baik antarsesama umat Hindu, maupun masyarakat dan pemerintah.

"Momen seperti ini (ngaben massal) sangat strategis, selain bisa bertatap muka, dapat pula menjadi ajang sumbang saran, masukan dalam keberlanjutan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Waykanan," katanya. 

Adipati berharap, upacara seperti ini dipelihara dan dipertahankan sehingga dapat menambah khasanah kebudayaan dalam membangun daerah. (vit).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


Gelar Buka Bersama, Apdesi Sungkai Utara Baha ...

MOMENTUM, Sungkai Utara--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indones ...


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com