Karyawan PTPN VII Cek Kesehatan

Tanggal 07 Sep 2019 - Laporan - 690 Views
Sejumlah karyawan PTPN VII mengikuti pemeriksaan kesehatan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Suasana kerja di lingkungan PTPN VII, Jumat (6-9-2019) sedikit berbeda. Para karyawan yang menggenakan kostum olahraga dengan penuh semangat bersiap mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan kerjasama Klinik Pratama PTPN VII dengan Puskesmas Kedaton, seminggu sekali dilakukan pemeriksaan kebugaran karyawan.

Sekretaris Perusahaan PTPN VII, Okta Kurniawan yang mengikuti kegiatan ini mengapresiasi upaya pihak Puskesmas Kedaton. 

Ia mengakui, banyak karyawan  karena rutinitas kerja kurang memperhatikan faktor kesehatan.

“Akibat rutinitas kerja,  kami sering kurang memperhatikan pola makan, pola tidur, dan pola hidup yang tidak ideal,” kata dia di sela-sela acara.

Oleh karena itu, ia mengajak semua karyawan untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin, terutama bagi rutinitas pekerjaannya di belakang meja. 

Ia menyatakan, aktivitas fisik, meskipun bukan berbentuk olah raga sangat dibutuhkan karena manfaatnya sangat besar bagi kesehatan jasmani.

“Alhamdulilah untuk fasilitas yang dimiliki kantor kami telah memenuhi apa yang dipersyaratkan. Ini semua untuk kesehatan karyawan, baik dari fasilitas pusat pelayanan kesehatan maupun kegiatan olahraga yang rutin dilaksanakan karyawan”, urai pria yang sebelumnya bertugas sebagai manajer unit di Sumatera Selatan.

Diharapkan dengan pemeriksaan ini,  para pegawai mengetahui tingkat kebugaran  masing-masing. Selain itu, melalui kegiatan senam setiap Jumat dan memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada di Kantor Direksi.

“Dengan melaksanakan program latihan fisik?fisik yang benar, teratur, dan terukur, tubuh kita bisa lebih bugar. Kalau semuanya sehat, otomatis kita kerja juga lebih semangat sehingga peningkatan produktivitas,” kata Okta.

Sementara, Drg. Rini Alita, M. Kes, Kepala Puskesmas Rawat Inap Kedaton mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Tidak seperti sebelumnya, hari ini ada tambahan pemeriksaan, yakni mengukur lingkar perut, tes ukur lingkar perut dibutuhkan untuk memberi rekomendasi kepada seseorang tentang pola makan dan pola hidup.

“Seperti biasa, kami melakukan sosialisasi kebugaran jasmani sekalian pemeriksaan dasar. Pemeriksaan diawali Par-Q test yang berisi 9 pertanyaan untuk mengetahui apakah peserta layak mengikuti tes kebugaran atau tidak,” kata dokter ramah ini.

Selanjutnya peserta diarahkan untuk melaksanakan pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, berat badan, cek kadar gula atau kolesterol, cek asam urat, deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM), dan mengukur lingkar perut. Juga disediakan layanan konsultasi Gizi yang dikordinasi oleh Puskesmas Rawat Inap Kedaton.

Rini Alita menerangkan kegiatan ini merupakan program tahunan untuk memberikan sosialiasi kepada karyawan yang berada di area cakupan Puskes Kedaton, yakni di Kecamatan Kedaton dan sekitarnya.

“Ada beberapa hal yang kami lihat dari perusahaan di antaranya kebugaran pekerja, PPN, dan K3. Juga pengecekan fasilitas ditempat kerja seperti Water Closet (WC) yang bersih terpisah antara wanita dan pria. Kami juga cek PHBS di klinik kesehatan dan tempat kerja,” kata dia. (red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


Hingga H-3 Lebaran, 17.593 Pemudik Tiba di Ba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga H-3 lebaran, 17 penumpang tiba di ...


DK PWI Pusat: Bantuan BUMN untuk UKW Harus Di ...

MOMENTUM, Jakarta -- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Te ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com