Ini Usulan Ketua Fraksi dan Pimpinan di DPRD Lampung

Ilustrasi unsur Pimpinan Fraksi di DPRD Lampung//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Delapan partai politik (parpol) telah mengusulkan nama ketua fraksi dan strukturalnya di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung.

Selain itu, empat dari lima parpol yang mendapat kursi pimpinan di DPRD setempat juga telah menunjuk anggota DPRD yang bakal diusulkan untuk menduduki jabatan pimpinan.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 19 kursi legislatif menunjuk Apriliati sebagai ketua fraksi dan Mingrum Gumay sebagai Pimpinan DPRD.

Sedangkan Gerindra dengan 11 kursi legislatif mengusulkan Mirzani Djausal sebagai ketua fraksi dan Eli Wahyuni sebagai pimipnan DPRD (wakil ketua satu).

Selanjutnya Golkar dengan 10 kursi legislatif mengusulkan Tony Eka Candra sebagai ketua fraksi. Sementara untuk pimpinan DPRD (wakil ketua dua) dari Golkar belum jelas. Namun, DPD I Golkar Lampung telah mengirimkan tiga nama calon pimpinan DPRD ket DPP: Supriyadi Hamzah, Ririn Kuswantari, Ismet Roni dan I Made Bagiasa.

Lalu Demokrat dengan total 10 kursi legislatif mengusulkan Hanifal sebagai ketua fraksi dan Raden Muhammad Ismail sebagai pimpinan DPRD (wakil ketua tiga).

Kemudian Nasdem dengan sembilan kursi legislatif mengusulkan Siti Rahma sebagai ketua fraksi dan Fauzan Sibron sebagai pimpinan DPRD (wakil ketua empat).

Sementara tiga parpol lain yang tidak mendapat kursi pimpinan DPRD: PKS dengan sembilan kursi legislatif mengusulkan Ahmad Mufti Salim sebagai ketua fraksi dan PKB yang juga mendapat sembilan kursi legislatif mengusulkan Oktarijaya sebagai ketua fraksi. Terakhir Fraksi PAN dengan tujuh kursi legislatif mengusulkan Iswan H. Caya sebagai ketua fraksi.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua DPRD Lampung sementara Mingrum Gumay belum berhasil dikonfirmasi. Saat dihubungi dan dikirimkan pesan whatsapp ke nomor 0812-7340-xxxx belum merespon.

Sementara, Wakil Ketua DPRD sementara Pattimura mengatakan bahwa delapan komisi telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) terkait pengusulan ketua fraksi dan jajarannya ke DPRD setempat.

“SK penunjukan ketua fraksi dari masing-masing parpol sudah diserahkan semua ke pimpinan DPRD sementara. Namun ini sifatnya baru usulan,” kata Pattimura saat dikonfirmasi harianmomentum.com, Minggu (15-9-2019).

Karena, sambung Pattimura, penetapan ketua fraksi definitif akan dilaksanakan dalam agenda sidang paripurna. Namun agenda rapat tersebut belum dijadwalkan.

“Besok (Senin 16-9) saya dan Pak Mingrum akan merapatkan soal penentuan jadwal rapat paripurna penetapan ketua fraksi,” jelasnya.

Setelah paripurna penetapan fraksi dilaksanakan, sambung dia, barulah pimpinan sementara DPRD dan para ketua fraksi merumuskan soal rapat paripurna penetapan unsur pimpinan DPRD Lampung definitif.

“Agenda paling awal menjadwalkan paripurna fraksi. Selanjutnya baru fraksi-fraksi ini membahas soal yang lainnya. Jadi jadwal (paripurna) tersusun, kita tidak bisa melompat lompat,” jelasnya.(acw)

Berikan Komentar