2120 Mahasiswa Baru UBL Ikuti PPK

Kegiatan PPK dipusatkan di gedung Convention Hall Mahligai Agung Pascasarjana, Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Program Pengenalan Kampus (PPK) Universitas Bandar Lampung (UBL) yang diikuti oleh 2.120 mahasiswa baru Tahun ajaran 2019/2020 tidak ada perploncoan.

Ribuan mahasiswa baru diisi dengan kegiatan akademik dan non akademik. Kegiatan PPK ini dipusatkan di gedung Convention Hall Mahligai Agung Pascasarjana, Kampus Dra. Sri Hayati Barusman, UBL dari tanggal 13-14 September 2019 yang ditandai dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL) Dra. Sri Hayati Barusman dan Rektor UBL Prof.M. Yusuf S. Barusman.

Hari pertama diisi dengan pengenalan internal kampus, layanan akademik, organisasi kemahasiswaan, etika, budaya, dan tata tertib dalam lingkungan kampus. Sementara hari ke dua diisi dengan kegiatan kemahasiswaan dan di tutup dengan Kuliah Umum yang akan disampaikan oleh dua pemimpin daerah yaitu Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi dan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Membuka kegiatan ini, Rektor UBL, Prof. M. Yusuf Barusman mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaannya menjadikan UBL sebagai pilihan melanjutkan studi di perguruan tinggi.

“Selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiwa baru UBL, melalui momen ini diharapkan dapat bermanfaat dalam proses memposisikan di dalam dunia kampus, serta mampu menanamkan pendidikan karakter, etika, budaya, dan tata tertib UBL kepada mahasiswa baru. Setelah kegiatan juga diharapkan akan muncul sosok-sosok mahasiswa yang memahami pentingnya arti pendidikan bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya pada kehidupan sehari-hari,” ujar Yusuf.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Administrasi Lampung, Dr. Andala Rama Putra Barusman, para Wakil Rektor, Dekan dan Sekretaris Fakultas di 6 Fakultas, para Kepala Program Studi dan Sekretaris Program, Kepala Laboratorium, Kepala Biro, Kepala LPPM, Kepala LPSM, Kepala UPT hingga panitia lokal (panlok) dari sivitas akademika UBL. Kegiatan PPK ini juga melibatkan mahasiswa senior untuk ikut mengelola dan menangani mahasiswa baru. Namun kampus sudah mengatur dan menjamin agar tidak ada kekerasan terhadap mahasiswa baru. 

Yusuf menambahkan, pendidikan sangat penting dalam meniti masa depan bagi mahasiswa baru, dan UBL sendiri akan terus berkontribusi untuk meningkatkan tingkat partisipasi pendidikan tinggi di Provinsi Lampung.

“Sampai saat ini, UBL terus memberikan kesempatan kepada semua orang untuk melanjutkan pendidikan dengan memberikan beasiswa baik prestasi akademik maupun non akademik, tercatat sudah ribuan mahasiswa yang lulus dari UBL sebagai penerima beasiswa. Hal ini adalah wujud nyata kepedulian UBL terhadap kualitas insan bangsa Indonesia, terutama di Provinsi Lampung,” kata Yusuf.

Tak hanya itu, hal menarik lainnya dari kegiatan ini adalah disediakannya stand-stand atau pameran-pameran dari beberapa hasil karya laboratorium program studi, dan  unit kegiatan mahasiswa,. Diantaranya pameran 2 produk Motor Costume, Mesin Pemipil Jagung, Robot Penanam Padi, Robot Sumo, Robot Ganesha, dan Drone dari Laboratorium Teknik  Mesin.(rls)

Berikan Komentar