Stekomindo Gelar Pelatihan Keterampilan Berkomunikasi

Tanggal 16 Sep 2019 - Laporan - 748 Views
Heppy Chandrayana saat menyampaikan materi pelatihan keterampilan berkomunikasi//ist

MOMENTUM,Bandarlampung--Lembaga Pendidikan Sains Teknologi Komunikasidan Komputer Indonesia (Stekomindo) Bandarlampung menggelar workshop communication skill training atau pelatihan keterampilan berkomunikasi.

Kegitan yang bertempat di Kampus Stekomindo Bandarlampung, Jalan Pagaralam, Segalamider, Tanjungkarang Barat, Sabtu (14-9-2019) itu menghadirkan narasumber atau pemateri Heppy Chandrayana, MC istana negara yang juga motivator ternama.

Staf Stekomindo Bandarlampung Juwita mengatakan, kegiatan tersebut merupakan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk workshop.

“Tujuannya melatih mahasiswa untuk dapat berkomunikasidengan baik,” ujar wanita berhijab itu kepada harianmomentum.com, Senin(16-9-2019).

Menurut dia, pihaknya rutin dalam melaksanakan kegiatan pelatihan kepada para peserta didiknya. “Kita dalam satu tahun minimal ada dua kali kegiatan semacam ini,” jelasnya.

Dalam video berdurasi singkat yang diterima harianmomentum.com, puluhan mahasiswa yang hadir dalam kegiatan workshop communication skill training tampakantusias memperhatikan materi yang dipaparkan narasumber.

Menariknya, rentetan pengalaman yang dipaparkan narasumber mampu menghipnotis para peserta. Sesekali pemateri memberikan kisah-kisah inspiratif yang dapat dijadikan pelajaran. Terkadang pemateri juga memperlihatkan cuplikan video penggugah hati.

“Seorang penyair pernah berkata, angin itu kalau berhembus tidak sesuai keinginan sang nelayan. Ketika sang nelayan ingin angin berhembuske barat, tiba-tiba angina malah berhembus ke timur,” kata pemateri.

Dari untaian kalimat itu, pemateri berupaya menyampaikan bahwa hidup terkadang tidak sesuai dengan harapan.

Tidak hanya itu, sesekali pemateri melatih para peserta untuk dapat memfokuskan fikirannya dengan cara mengikuti intruksi yang disampaikan oleh pemateri tunggal itu.

Suasana khidmat pun terlihat selama acara itu berlangsung. Alhasil, banyak ilmu pengetahuan baru yang dapat dipetik melalui acara tersebut.

Namun pada intinya, pada kesempatan itu para peserta dijelaskan tentang luasnya makna dari public speaking. Tidak hanya sebatas berpidato, pemateri juga mengajak para peserta untuk turut berdiskusi atau tanya jawab.

“Dengan penguasaan diri yang baik melalui pikiran, hati dan kesemangatan, akan muncul perilaku dan perkataan yang membuat lawan berbicara tertarik dengan pembicaraan kita,” kata Heppy Chandrayana.

Menurut dia, kemampuan berbicara di depan umum dibutuhkan semua orang dalam segala profesi. Namun Heppy mengatakan, bicaralah yang penting, jangan yang penting bicara. “Dengan kekuatan kata-kata, kita bisa menghipnotis orang,” ujarnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com