Sebulan Diluncurkan, IDCamp Raih 15 Ribu Peserta

Tanggal 17 Sep 2019 - Laporan - 602 Views
Indosat Ooredoo Digital Camp di Universitas Lampung. Foto. Iwd.

MOMENTUM, Bandarlampung--Program beasiswa untuk mencetak programmer, Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp), pada bulan pertama diluncurkan berhasil menggaet 15 ribu peserta. 

Program yang menyasar generasi muda dengan usia maksimal 29 tahun ini, diluncurkan pada awal Agustus 2019 dan akan berlansung hingga Februari 2020.

Menurut Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Intan Abdams Katoppo, program ini merupakan tanggung jawab sosial (CSR) Indosat memajukan pendidikan di Indonesia di bidang dunia digital.

Lulusan IDCamp akan dibantu mendapatkan akses pekerjaan di industri digital dengan sertifikat berstandar global.

"Kami sangat senang melihat antusiasme generasi muda Indonesia terhadap program IDCamp yang menunjukkan program ini sesuai dengan kebutuhan mereka," katanya. 

Antusiasme itu juga ditunjukkan dengan hadirnya ratusan generasi muda dalam program IDCamp) di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung, Senin (16-9-2019).

Peserta IDCamp didominasi oleh peserta yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa dengan persentase sekitar 65 persen.

Menurut dia, dunia coding juga semakin diminati anak usia SMP dengan jumlah tiga persen peserta program IDCamp. Sedang pserta usia SMA mencapai 49 persen, sisanya 47 persern dari perguruan tinggi.

Intan memaparkan, IDCamp telah melakukan roadshow di beberapa universitas di Indonesia yang berisi sharing session dan talkshow mengenai perkembangan industri digital di Indonesia.

Pekan ini, berturut turut roadshow di lakukan di Universitas Mataram-Nusa Tenggara Barat, Universitas Sumatera Utara-Medan, Universitas Andalas-Padang, Universitas Sriwijaya-Palembang dan Universitas Lampung. Roadshow akan dilanjutkan ke berbagai kampus terkemuka di Indonesia.

Tingginya kebutuhan talenta digital dan kesempatan kerja di bidang teknologi digital, menjadi dasar Indosat Ooredoo meluncurkan program IDCamp.

Indosat mengajak generasi muda yang berminat menggeluti bidang teknologi digital, dengan memberikan beasiswa belajar coding secara online yang mencakup modul developer Android, Kotlin Android, dan Progressive Web Application, untuk tingkat beginner dan expert. 

Disediakan juga pelatihan offline (tatap muka) bagi calon-calon developer yang memiliki keterbatasan (difabel). Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui idcamp.indosatooredoo.com.

Selain IDCamp, Indosat Ooredoo juga memiliki program IM3 DigiTalent bagi pelajar setingkat SMP dan SMA di Indonesia. Program ini mengajak dan menantang generasi muda untuk berani dan kreatif dengan memberikan tantangan tematik yang mengangkat aspek inspiratif, mengenalkan budaya lokal, ekspresi bakat dan hal menarik di sekolah.

"Peserta berkesempatan mendapatkan beasiswa total 1 miliar rupiah dengan mengunggah karya video kreatif mereka ke Youtube dan mendaftarkannya ke im3ooredoodigitalent.com. Tim dari Indosat Ooredoo akan membantu mendaftarkan sekolah sebelum peserta dapat mengirimkan karya mereka," jelasnya.

Program kompetisi Digital Talent ini akan berlangsung sejak 1 September sampai 31 Oktober 2019 dengan roadshow dilaksanakan ke 1,200 sekolah di seluruh Indonesia. (iwd).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yayasan Alfian Husin Bagikan 100 Nasi Kotak k ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Setelah membagikan 100 nasi kotak se ...


Gandeng Gramedia dan FLL, Fakultas Adab UIN G ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Untuk meningkatkan pemahaman akan penti ...


Cegah Kekerasan Seksual, PSGA UIN Raden Intan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lemb ...


Dosen UIN Raden Intan Lampung Syiar Ramadan d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dosen Fakultas Syariah Universitas Islam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com