Gubernur Dorong PTPN VII Kembangkan Kopi Lampung

Tanggal 17 Sep 2019 - Laporan - 634 Views
Pertemuan Gubernur Lampung dari Direksi PTPN VII. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII mengembangkan komoditas kopi.

“Saya ingin PTPN VII mengembangkan komoditas kopi. Karena Lampung merupakan penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia dan kopi Lampung sudah terkenal,” ujar Gubernur Arinal saat menerima audiensi direksi PTPN VII, Selasa (17-9-2019).

Hadir dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Kerja Gubernur, Direktur Utama PTPN VII Muhammad Hanugroho, bersama Direktur Operasional Husairi, Direktur Komersial Achmad Sudarto, dan Sekretaris Perusahaan Okta Kurniawan. 

Selama ini, sejak berdiri PTPN VII bergerak di bidang perkebunan karet, kelapa sawit, tebu, dan teh dengan wilayah operasi meliputi Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung.


Menurut Arinal, pengembangan komoditas kopi Lampung, sekaligus menjawab kebutuhan Indonesia akan pasar internasional.

“Ini agar Indonesia mendapatkan kepastian kualitas kopi dari Lampung. Jadi, kebutuhan pasar internasional ada di Lampung,” katanya.

Masih kata Arinal, bahwa dari komoditas kopi ini juga yang dibutuhkan masyarakat dan para petani Lampung. “Dari kopi ini saya ingin memakmurkan rakyat,” ujarnya.

Untuk itu, Arinal meminta kepada PTPN VII segera memetakan lokasi lahan yang bisa digunakan untuk mengembangkan komoditas kopi.

Selain itu, guna mewujudkan hal tersebut, Arinal meminta untuk segera dibentuk tim antara PTPN VII, Pemerintah Provinsi Lampung dan pihak terkait.

“Petakan dahulu di mana lokasinya, di kabupaten mana, kecamatan mana dan luasannya berapa. Kita harus bangkit dan harus bisa memberdayakan masyarakat,” katanya.

Selain komoditas kopi, Arinal juga ingin menggagas pengembangan komoditas cokelat.

“Kopi utamanya, selain itu juga coklat. Karena nanti dari Menteri Pertanian juga, Lampung akan mendapatkan 50 hektare kopi dan 50 hektare cokelat,” ujarnya.

Arinal menyebutkan ingin membawa BUMN di Lampung untuk bisa berkembang dengan baik. Juga, siap membantu PTPN VII untuk membangun perkebunan komoditas tersebut. “Saya ingin PTPN VII di Lampung untuk membangun Indonesia,” katanya.

Selain pengembangannya, Arinal juga ingin agar PTPN VII nantinya dapat meningkatkan produksi kopi di Lampung.

“Saya ingin PTPN sebagai sumber informasi rakyat, sumber bibit bagi rakyat dan sumber pasar untuk rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PTPN VII Muhammad Hanugroho menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengembangkan komoditas kopi dan cokelat. “Kami segera petakan apa yang menjadi gagasan dari Bapak Gubernur,” ujarnya. (red).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan d ...

MOMENTUM, Jakarta -- Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan ...


Komisaris PTPN I: Waspadai Pestalotiopsis dan ...

MOMENTUM, Palembang -- Roda bisnis PT Perkebunan Nusantara (PTPN) ...


PT RPN Salurkan Dana TJSL kepada Anak Yatim d ...

MOMENTUM, Bogor – Dalam setiap proses bisnis, PT Riset Perkebun ...


Kebun Cinta Manis Siap Pasok Tebu Berkualitas ...

MOMENTUM, Ogan Ilir--Kebun tebu Cinta Manis yang dikelola PT Buma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com