Alih Fungsi Lahan Pertanian, Pairin Instruksikan Perketat Pengawasan

Walikota Metro Achmad Pairin

MOMENTUM, Metro--Empat hektare lahan pertanian di Kota Metro beralih fungsi menjadi bangunan. Terkati hal tersebut, Walikota Metro Achmad Pairin meminta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) setempat, memperketat pengawasan agar alih fungsi lahan pertanian tidak kembali terjadi.

Menurut Pairin, saat ini luas  lahan pertanian di Metro  mencapai 2.984 hektare. Dalam satu tahun terakhir telah terjadi alih fungsi lahan pertanian seluas empat hektare. 

"Makanya saya meminta Dinas Pertanian untuk mempertahankan lahan yang ada, supaya tidak terjadi lagi alih fungsi," kata Pairin pada Harianmomentum.com, Kamis (19-9-2019).

"Saya minta diawasi secara ketat, walau pun di dalam perdanya itu sekian yang bisa dialih fungsikan, tapi kita tetap berusaha untuk menghemat. Jadi tidak banyak yang beralih fungsi," tegasnya.

Pairin juga menginstruksikan DKP3 dan Kabag hukum untuk menjaga lahan pertanian agar tak beralih fungsi.

"Ini intruksi khusus untuk dinas pertanian untuk menjaga agar tidak beralih fungsi. Kabag hukum juga, kalau ada perda-perda yang nyangkut itu harus dikaji benar," tegasnya. (pie)


Berikan Komentar