PTPN VII Padangratu Serahkan Dana Kemitraan

Tanggal 29 Sep 2019 - Laporan - 629 Views
Penyerahan Dana kemitraan oleh PTPN VII

MOMENTUM, Lamteng--Empat mitra binaan PTPN VII Unit Kebun Kelapa Sawit (UKKS) Padangratu menerima dana kemitraan, Sabtu (29-9-2019).

Dana pinjaman dengan bunga lunak dan bergulir sebanyak Rp75 juta itu disampaikan Manajer PTPN VII Unit Padangratu Tri Sutanto langsung kepada penerima.

Keempat mitra binaan PTPN VII Unit Padangratu yang menerima dana itu adalah Rafiul, penduduk Padangratu yang mempunyau usaha pembuatan pupuk organik. Lalu, Sukisno petani yang mempunyai usaha sampingan berupa ternak kambing dan dinilai prospektif. Berikutnya adalah Rustam yang mempunyai keahlian sebagai pengrajin kerupuk kulit. Keempat adalah Tami,  pemilik warung makan yang dinilai memiliki kemampuan pengembangan cukup baik.

Dalam sambutannya, Tri Sutanto menyatakan, PTPN VII sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah bagian dari kehidupan masyarakat. Ia menyebut, pemilik BUMN ini adalah negara. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnisnya, ada kewajiban perusahaan untuk ikut menjadikan rakyat, terutama yang berada di lingkungan kerja, menjadi sejahtera.

“Untuk bapak, ibu ketahui, perusahaan kami saat ini sedang dalam proses pemulihan. Dalam beberapa tahun terakhir, sebagaimana bapak ibu juga tahu, harga sawit dan karet sedang kurang baik. Dan itu berimbas kepada kondisi perusahaan kami. Namun, dengan segala upaya, kami tetap sisihkan sebagian untuk membantu masyarakat seperti yang bapak, ibu terima hari ini,” kata dia.

Tri Sutanto yang baru beberapa bulan menjabat sebagai manajer menambahkan, pihaknya ingin berbuat dan bermanfaat lebih besar dan lebih baik ke depannya. 

Karena itu, dia meminta kepada para mitra, para pejabat daerah, para tokoh di seputaran Padangratu, dan masyarakat untuk mendukung kinerja perusahaan.

Ia menyebutkan, kemitraan dengan pemberian dana pinjaman lunak adalah program perusahaan dalam upaya pembinaan masyarakat dilingkungan perusahaan untuk mengembangkan usaha kecil menengah. Selain pinjaman modal usaha, kata dia, perusahaan juga akan memberikan monitoring pembinaan pengembangan usaha sehingga bisa maju. Juga diberikan pelatihan manajemen wira usaha.

Ia berharap dengan program kemitraan, dapat membantu laju pertumbuhan perekonomian masyarakat pedesaan serta upaya menciptakan lingkungan yang kondusif. Sebab, lingkungan kerja yang aman dan kondusif, kata dia, akan memudahkan perusahaan dalam penggalian produksi.

Asisten Keuangan PTPN VII Unit Padangratu Budi Roso yang hadir pada penyerahan dana itu menyampaikan pesan agar program Bina Lingkungan UKKS Padangratu benar-benar dimanfaatkan secara produktif. Ia mengatakan, jika para mitra binaan yang mendapat dana pinjaman modal usaha dapat konsisten dalam pengembaliannya, maka para pengrajin atau usaha kecil lain di sekitarnya bisa ikut menikmati.

“Dana yang kami salurkan ini dimanfaatkan secara bergulir. Jika sekarang ada empat orang yang mendapat bantuan dan modal usaha, dan pengembaliannya lancar, maka berikutnya bisa pengusaha kecil yang lain. Jadi, kami minta bapak dan ibu penerima dana ini untuk konsisten dan tertib,” kata dia. (red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


Denny Ramadhan: “Aksi Korporasi PTPN Group ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pasca pembentukan Holding pada 2014, PT ...


Optimalisasi Aset Potensial, Menjadi Fokus Ut ...

MOMENTUM, Medan -- Setelah melebur ke dalam Supporting Co, P ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com