Bentuk Karakter Jelang Porwil, TNI Gembleng Atlet Lampung

Personel TNI Angkatan Laut memberikan pengarahan kepada atlet Lampung yang akan bertanding pada Porwil di Bengkulu.

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Bengkulu, 147 atlet Lampung menjalani penggemblengan oleh TNI AL.

Penggemblengan yang berlangsung di Pantai Klara Pesawaran dimaksudkan untuk meningkatkan jiwa korsa dan mental dari para atlet.

Berdasarkan pantauan harianmomentum.com, Sabtu (5-10-2019), para atlet dari berbagai cabang olahraga ditempatkan di kamp yang berada di pantai tersebut.


Terdapat enam tenda yang berada tepat di bibir pantai. Tenda tersebut digunakan oleh para atlet, pelatih dan panitia dari KONI Lampung.

Para atlet pun dilatih untuk menjaga kebersihan, kedisplinan hingga kebersamaan agar tercipta rasa kekeluargaan antara satu dan lainnya.

Seratusan atlet itu diwajibkan untuk bangun pagi, sekitar pukul 04.30 WIB. Kemudian, menjalani berbagai permainan, terakhir mereka manjat gunung. Setelah menjalani kegiatan, para atlet mengikuti apel.


Ketua Pelatihan Letnan Ridwan mengatakan pelatihan yang diberikan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kekompakan tim.

Menurut dia, para atlet saat ini masih banyak yang hanya memikirkan individual masing-masing. "Yang paling penting itu jiwa korsanya dan kedisiplinan. Kebanyakan mereka itu masih memikirkan diri sendiri," tuturnya.

Padahal, atlet yang tergabung dalam satu kontinge harus memiliki rasa kebersamaan dan saling mengingatkan.


Karena itu, melalui pelatihan yang berlangsung sejak 4 hingga 6 Oktober itu bisa membentuk kedisplinan dan kekompakan mereka.

"Jadi mereka bisa saling mengingatkan. Ada yang kurang langsung dicari, makan bersama dan lainnya," jelasnya.

Pelatihan yang diberikan, menurut Ridwan masih dalam tahap ringan. Tidak ada yang sampai ke fisik dan membahayakan para atlet.

"Kalau dibandingkan dengan latihan TNI, ini belum sampai 10 persennya. Paling ada yang salah, kita suruh push up saja," sebutnya. (adw)

Berikan Komentar