Pemkot Metro Bahas Polemik Aset Lahan yang Dimanfaatkan YPPIL

Tanggal 08 Okt 2019 - Laporan - 1188 Views
Sekretaris Daerah Kota Metro A Nasir memimpin rapat pembahasan polemik aset lahan yang dimanfaatkan YPPIL

MOMENTUM, Metro--Pemanfaatan lahan aset Pemkot Metro oleh Yayasan Pusat Pendidikan Islam Lampung (YPPIL) setempat, menuai polemik. Pemkot Metro menuding YPPIL menyalahi aturan yang telah disepakati kedua belah pihak.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro Supriyadi mengatakan, hingga saat ini belum ada kejelasan konstribusi dari pihak YPPIL atas pengelolaan lahan aset pemkot tersebut.

"YPPIL ini telah menyalahi aturan dengan tidak membayar sewa-menyewa sesuai surat edaran Walikota Metro Nomor: 17/B-4/2019. Melalui rapat ini, kami (BPKAD)  berharap ada solusi terkait masalah penggunaan aset tersebut," kata Supriyadi pada rapat pembahasan aset lahan Pemkot Metro yang digunakan YPPIL, Selasa (8-10-2019). Rapat dipimpin Sekretaris Daerah Kota Metro A Nasir.  

Menurut Supriyadi, penerbitan sertifikat hak pakai pada tanggal 22 Mei 2003 lalu, dengan nama pemegang hak Pemerintah Kota Metro yang digunakan sewa-menyewa oleh YPPIL. Namun pada tanggal 5 Mei 2017, perjanjian tersebut telah berakhir.

Menanggapi hal itu, Sekda Kota Metro A. Nasir mengatakan, harus ada upaya untuk untuk mengambil alih aset tersebutatau dibuatkan perjanjian baru atas pemanfaatan aset terebut. Hal tersebut sebagai tindak lanjut  hasil audit BPK RI Lampung atas LKPD Kota Metro Tahun Anggaran 2018. 

"Pada tanggal 1 Juli 2019 Pemkot Metro telah menetapkan bahwa tanah yang digunakan YPPIL telah disewakan dan harus memberikan kontribusi kepada pemkot. Pihak YPPIL keberatan untuk memenuhi persyaratan, sehingga kita harus melakukan tindakan tegas," terangnya. (rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com