Wabup Tinjau Jalan Akses Masuk Lokasi Politeknik Perikanan

Wakil Bupati Tanggamus AM Syafi'i. Foto. Glh.

MOMENTUM, Kotaagung--Wakil Bupati Tanggamus AM Syafi'i meninjau akses jalan masuk ke lokasi calon Politeknik Perikanan di Pekon Talagening, Kecamatan Kotaagung Barat, Rabu (9-10-2019).

Turut dalam kunjungan itu antara lain, Asisten II Bidang Ekbang Fb Karjiono, Kepala Dinas Perikanan Kelautan Edy Narimo, Perwakilan Dinas PUPR Ari Yuda, Perwakilan BPKD Andriansyah, Perwakilan Bappelitbangda Fery Irawan, Perwakilan BPN Tanggamus M. Arif, Kepala SUPM Khairuddin HS, Camat Kotaagung Barat Erlan Deni Saputra, serta Pj Kakon Waygelang Yuliyani dan Pj Kakon Talagening Nopiansyah.

Peninjauan ini dilakukan untuk menentukan akses jalan masuk ke lokasi Politeknik Perikanan yang tahun depan akan diresmikan.

Akses jalan yang akan dibebaskan dan dibangun jalan sepanjang 700 meter dengan lebar 12 meter (dua jalur), yang merupakan hibah dari Pemkab Tanggamus.

"Pemerintah Kabupaten Tanggamus menghibahkan tanah lebih kurang dua hektare dan akan dibuka akses dari jalan negara lintas barat Talagening menuju sekolahan (SUPM) yang terdekat dan strategis menuju lokasi (Politeknik)," katanya. 

Sementara Kepala SUPM Khoiruddin berharap berdirinya  Politeknik, anak-anak pelaku utama baik nelayan dan pembudidaya ikan bisa kuliah ditempat tersebut.

"Mereka perlu dibekali dengan ilmu yang cukup dan teknologi yang cukup, agar bisa mengembangkan usahanya. Jadi nanti akan jadi di nelayan yang berjaya, dan semoga ekonomi di sekitar Politeknik ini akan juga berkembang, baik suplai konsumsi, penginapan maupun sarana sarana pendidikan yang lain," harapnya.

Kepala Dinas Perikanan Edy Narimo melalui sambungan telepon mengatakan, selain lahan untuk akses jalan Politeknik, Pemkab Tanggamus bersama BPN Tanggamus juga akan mengupayakan penggunaan lahan eks HGU PT Fishtama yang berada di Pantai Sawmil, Wonosobo, sebagai lahan praktek mahasiswa Politeknik.

Edy menambahkan, bahwa pada tahun 2020, Politeknik sudah mulai menerima mahasiswa baru. "Tahun depan (2020) Politeknik sudah menerima mahasiswa baru. Untuk SUPM tahun ini terakhir menerima siswa, karena tahun depan statusnya sudah meningkat menjadi Politeknik," terangnya.(glh/jal).


Berikan Komentar