Peratin Waynukak: Pemkab Pesibar Sudah Lakukan Upaya Normalisasi Sungai Waymayah Secara Bertahap

Tanggal 12 Okt 2019 - Laporan - 2393 Views
Peratin (Kepala Pekon/Desa) Waynukak, Kecamatan Karyapenggawa, Kabupaten Pesisir Barat Mat Darmawan

MOMENTUM, Karyapenggawa--Peratin (Kepala Pekon/Desa) Waynukak, Kecamatan Karyapenggawa, Mat Darmawan menyesalkan beredarnya video oknum warga yang menagih janji kampanye Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal, terkait belum terealisasinya pembangunan bronjong (keranjang kawat berisi batu yang berfungsi sebagai tanggul) di kawasan muara Sungai Waymayah.

Menurut Mat Daramawan, belum terealisasinya pembangunan bronjong tersebut, karena keterbatasan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Pesibar.

"Bukan bupati tidak menepati janji, tapi karena keterbatasan APBD kabupaten," kata Mat Darmawan pada Harianmomentum.com. Sabtu (12-10-2019).

Walau begitu, lanjut dia, secara bertahap Pemkab Pesibar tetap melakukan upaya pembenahan/normalisasi aliran sungai Waymayah.  

"Upaya normalisasi aliran Sungai Waymayah terus dilakukan Pemkab Pesisir Barat secara bertahap. Tahun 2018, pemkab membangun bendungan di hulu sungai. Kemudian di tahun 2019 ini, akan dilakukan rehab jembatan gantung di atas sungan Waymayah yang menghubungkan Dusun Negara dengan Dusun Penyambungan," ungkapnya.

Dia menerangkan, kegiatan normalisasi, pembangunan bendungan dan rehab jembatan gantung itu merupakan bagian dari upaya Bupati Agus Istiqlal memenuhi janji kampanye saat pilkada empat tahun lalu.

"Itu semua bagian dari upaya realiasasi janji kampanye bupati. Semua memang dilakukan secara bertahap. Masyarakat harus paham, pembangunan tidak bisa sekaligus dilakukan karena keterbatasan APBD Kabupaten Pesisir Barat," terangnya. 

Dia berharap, masyarakat hendaknya selektif dalam menyampaikan aspirasi.  "Aspirasi boleh-boleh saja, tapi cari tahu dulu fakta sebernarnya. Kalau belum jelas, koordinasi dengan aparat pekon. Sehingga tidak menimbulkan salah presepsi," harapnya.

Sebelumnya, beredar video di akun media sosial facebook. Dalam vedio tersebut seorang warga  meminta Bupati Pesibar Agus Istiqlal memenuhi janji kamapnye untuk membangun bronjong di kawasan muara Sungai Waymayah, Dusun Negara, Pekon Waynukak, Kecamatan Karyapenggawa. (asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com