Pairin Minta Ketua RT Lebih Maksimal Dukung Pembangunan

Tanggal 14 Okt 2019 - Laporan - 683 Views
Walikota Metro Achmad Pairin bersilaturahmi dengan para Ketua RT dan RW se-Kecamatan Metro Timur

MOMENTUM, Metro--Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) merupakan ujung tombak utama pelasksanaan program pembangunan. Ketua RT/RW punya peran penting mendukung efektifitas pelaksanan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Walikota Metro Achmad Pairin saat memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi ketua RT/RW se Kecamatan Metro Timur. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Yosodadi, Senin (14-10-2019).

"Insentif untuk ara Ketua RT dan RW memang masih terbiling kecil. Namun, saya berharap para Ketua RT dan RW tetap mampu memahami dan mengimplementasikan  tugas dan fungsinya dengan baik dalam mendukung program pembangunan, khsusunya di Kota Metro," kata Pairin.

Menurut dia, Pemkot Metro akan terus berupaya meningkatkan besaran insentif para ketua RT dan RW, secara bertahap.

"Tahun ini, Pemkot Metro menerima bantuan dana Rp352 miliar yang dialokasikan untuk pembangunan di tingkat kelurahan. Sekitar Rp500 juta yang akan masuk ke dana kelurahan. Diharapkan ini bisa lebih mengoptimalkan pembangunan di tingkat  kelurahan," ungkapnya.

Camat Metro Timur Rosita mengatakan, luas wilayah kecamatan setempat mencapai 1.171`hektare dengan jumlah penduduk 11.299 jiwa yang dibagi menjadi 57 RW dan 179 RT. 

"Pelaksanaan program dana kelurahan tahap pertama  tahun ini sudah selesai seratus persen yang dilakukan dalam sejumlah kegiatan fisik," terangnya.

Dia merinci, jumlah kegiatan  dana kelurahan di kecamatan setempat:Kelurahan Yosorejo 26 kegiatan,  Kelurahan Yosodadi 21 kegiatan, kelurahan Tejoagung 11 kegiatan. Kemudian: Kelurahan Iringmulyo 15 kegiatan, Kelurahan Tejosari 28 kegiatan. "Untuk kegiatan tahap kedua, masih dalam proses," ujarnya.

Rosita berharap, pada tahun 2020 mendatang, jumlaha dana kelurahan dari pemerintah pusat dan bantuan dari APBD Kota Metro bisa bertambah. 

"Semoga tahun depan bantuan dana kelurahan kembali terealisasi dan bisa bertambah. Sehingga prioritas pembangunan khususnya di Kecamatan Metro Timur ini dapat terus berkelanjutan secara lebih maksimal," harapnya. (pie)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kirab Drumband dan Mobil Hias Meriahkan HUT k ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ...


Hebat! Pemkot Metro Olah Sampah Organik Jadi ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memaksimalkan pe ...


Waspada! Kasus DBD Terus Meningkat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Lam ...


DLH Metro Tunggul AMDAL TPAS Sistem Controlle ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro  me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com