Kembangkan Budaya Lokal, Disdikbud Dorong Pembukaan Prodi Bahasa Lampung

Tanggal 18 Okt 2019 - Laporan - 638 Views
Sekretaris Disdikbud Provinsi Lampung Aswarodi

MOMENTUM, Bandarlampung--Guna mengembangkan budaya lokal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mendorong pembukaan program studi (Prodi) Bahasa Lampung.

"Mudah-mudahan pada tahun 2020 program studi Bahasa Lampung sudah dapat direalisasikan agar bahasa daerah dan kebudayaan lokal dapat berkembang maupun dilupakan," ujar Sekretaris Disdikbud Provinsi Lampung Aswarodi, Jumat (18-10-2019).

Menurut dia, tim Universitas Lampung (Unila) bersama Wakil Gubernur Chusnunia dan Kepala Disdikbud Provinsi Lampung Sulpakar berangkat ke Jakarta guna mengurus persoalan itu.

"Kunjungan itu dalam rangka audiensi dengan pihak Kemenristekdikti untuk mewujudkan program tersebut," ujarnya.

Dia berharap, upaya audiensi guna pembukaan program studi (prodi) S1 bahasa Lampung kepada Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dapat disetujui serta segera dilaksanakan.

Diketahui, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI Mohamad Nasir menyetujui pencabutan moratorium atau Pembukaan Program S1 Pendidikan Bahasa Lampung pada Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila.

Pencabutan moratorium Prodi S1 Bahasa Lampung tersebut disampaikan langsung oleh Menristekdikti kepada Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulpakar bersama tim dari FKIP Unila di kantor Kemenristekdikti, seperti dilansir kumparan.com, Kamis (17-10).

Tim dari Unila yang turut mendampingi Nunik yaitu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja sama Dr Sunyono, M.Si. dan Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Kebudayaan Lampung Dr Farida Aryani, M.Pd.

Kadisdikbud Lampung Sulpakar usai mendampingi Wagub bertemu Menristekdikti menjelaskan, pertemuan antara Wagub Lampung dan Menristekdikti Moh Nasir dan jajarannya untuk membahas pembukaan kembali Prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung di FKIP Unila.

Dalam pertemuan yang membahas pembentukan Prodi S1 Bahasa Lampung, Menristekdikti menyetujui dibukanya kembali Prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung di Unila. Dengan demikian, maka mulai tahun 2020 masa penerimaan mahasiswa baru, Unila sudah bisa menerima mahasiswa baru Prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung.

Sulpakar menambahkan bahwa langkah cepat realisasi prodi ini, sebagai implementasi dari visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung bekerja sama dengan FKIP Unila.(vaw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pendaftaran UM-PTKIN 2024 Dimulai, Begini Car ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tingg ...


Bahas Kontribusi Digitalisasi Industri Keuang ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) S2 Magister Ekono ...


Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmaja ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Program Studi Magister Teknik Informa ...


Rektor Unila Lantik Wakil Rektor dan Kepala L ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com