Pilkada Waykanan Diprediksi "Sengit"

Tanggal 21 Okt 2019 - Laporan - 1292 Views
Bacalon Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya (kiri) dan Rina Marlina//acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Pertarungan antara petahana Bupati Waykanan Raden Adipati Surya melawan Rina Marlina, istri mantan (eks) Bupati Waykanan Bustami Zainudin, diprediksi akan berlangsung sengit.

Sebab, keduanya sama-sama memiliki modal yang kuat, untuk bertarung pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Waykanan di 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Akademisi bidang Politik asal Universitas Lampung (Unila), Dedi Hermawan, saat dimintai tanggapannya prihal majunya kedua bakal calon kepala daerah (balonkada) tersebut, Minggu (20-10-2019).

“Kalau kita anggap pertarungan, akan ada pertarungan yang seru di wilayah Kabupaten Waykanan. Sebab masing-masing (Adipati dan Rina) punya kekuatan. Karena itu, pertarungan akan berlangsung sengit dan sangat kompetitif,” kata Dedi kepada harianmomentum.com.

Menurut Dedi, Adipati sebagai inkanben, memiliki beberapa keunggulan, sebagai petahana kepala daerah. “Dia punya instrumen birokrasi, pembangunan dan anggaran serta kerja-kerjanya selama empat tahun terakhit,” jelasnya.

Sedangkan untuk Rina, sambung Dedi, punya modal sosial yang besar. “Modal sosial itu merupakan sumbangan yang besar. Ini lah bisa jadi kekuatan yang besar, yang menguntungkan (Rina) sebagai penantangnya (petahana),” terangnya.

Dengan fenomena tersebut, Dedi memandangnya sebagai suatu hal yang positif. “Pertarungan ini akan berlangsung seru dan sengit. Tapi itu bagus untuk pembangunan demokrasi di tingkat lokal. Sebab masyarkat disediakan menu yang baik dan banyak,” paparnya.

Apa lagi, sambung dia, kalau yang bertarung dalam Pilbup 2020 lebih dari dua pasangan calon (paslon), tentunya akan laebih baik lagi. “Jadi masyarkat memiliki pilihan-pilihan. Itu menggambarkan kaderisasi (politik) di tingkat lokalnya berjalan,” katanya.

Dengan kekuatan yang dimiliki masing-masing paslon nantinya, Dedi berharap akan dikedepankan pertarungan ide dan gagasan, bukan hanya sekedar untuk merebut kemenagan belaka. 

“Demokrasi ini butuh gagasan, konsep dan inovasi. Bukan hanya meraih kekuasaan tanpa adanya konsep dalam membangun suatu daerah,” terangnya.

Baca juga: Pilbup Waykanan, Petahana dan Istri Eks Bupati Bersaing

Sebelumnya, persaingan antara petahana Bupati Waykanan Raden Adipati Surya dan Rina Marlina, istri mantan (eks) Bupati Waykanan Bustami Zainudin, makin terlihat.

Keduanya sama-sama mengikuti fit and propertest atau uji kepatutan dan kelayakan di Kantor DPD PDIP Lampung, Kamis (17-10-2019).(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


Kostiana Siap Ikut Penjaringan Calon Walikota ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD ...


Pilkada 2024, Golkar Tak Buka Pendaftaran Bak ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Golkar Lampung tidak membuka pend ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com