Enam Balonbup Lamsel Beradu Visi-Misi

Tanggal 27 Okt 2019 - Laporan - 668 Views
Enam Balonbup Lamsel dalam agenda pemaparan visi-misi di Kantor DPD Partai Nasdem Lamsel. Foto: bob

MOMENTUM, Kalianda--Enam Bakal Calon Bupati (Balonbup) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) beradu visi-misi demi memperebutkan rekomendasi Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Keenam Balonbup Lamsel: Tony Eka Candra (Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Lampung); Ahmad Fitoni (Ketua DPD PAN Lamsel); Hipni (pengusaha/kader Golkar); dan Herry Putra (Ketua PAC PDIP Natar).

Selanjutnya Irfan Nuranda Djafar (Ketua DPW PAN Lampung); serta Antoni Iman (Anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi Lampung).

Semestinya, pemaparan visi-misi yang diadakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Lamsel diikuti oleh tujuh Balonbup Lamsel. Namun seorang diantaranya, Kiswoto, berhalangan hadir.

Berikut pemaparan visi-misi enam Balonbup Lamsel yang disampaikan dihadapan para petinggi DPD Partai Nasdem Lamsel pada Sabtu (26-10-2019).

Pertama Toni Eka Candra (TEC). Dia berkomitmen mewujudkan Lampung Selatan yang aman, maju, sejahtera, mandiri berkeadilan, berkompetisi dan bermartabat.

Menurutnya, secara umum untuk mencapai visi menuju misi, harus terlebih dahulu bersama-sama membangun desa dan kelurahan menuju Lampung Selatan yang berjaya.

“Hasil dialog bersama masyarakat, Lamsel kabupaten tertua tapi menjadi juga salah satu kabupaten tertinggal di Lampung. Punya potensi, tapi pemrintah belum hadir bagi masyarakat,” kata TEC.

Selain itu, menurut dia, Lampung Selatan juga butuh pemimpin yang bisa berinovasi dalam mengembangkan semua potensi yang ada di Lamsel dan bukan yang hanya mengandalkan anggaran dari APBD saja.

“Lamsel punya APBD Rp 2,2 Triliun, setengahnya belanja tidak langsung, sisanya belanja langsung seperti Rp. 500 M untuk insfastruktur, Rp. 600 M dibagi untuk instansi perangkat daerah dan lainnya,” ujar TEC.

Pemaparan kedua dari Ahmad Fitoni. Dia maju sebagai Balonbup dengan membawa visi “Berprotein” yaitu bersih, tertib, profesional, inovatif serta tentram dan aman.

"Itu yang kami temukan yang dibutuhkan masyarakat kita, tentu motornya adalah kepala daerah. Sudah ada yang kmi lakukan, baik dari PAN ataupun dari kami sendiri," ujarnya.

Dirinya juga mengusung program tiga kartu andalan, yang nanti akan dibagikan kepada masyarakat, jika dirinya terpilih menjadi Bupati Lampung Selatan periode 2021-2024 mendatang

"Pertama kartu ATM Dilan (disabilitas dan lanjut usia), kedua kartu permadani untuk ekonomi mikro terakhir kartu kursus untuk pendidikan dan pelatihan masyarakat," ujarnya.

Penyampaian berikutnya oleh Herry Putra. Dia menitik beratkan pada tiga poin penting. Pertama infrastruktur. Dia menilai Lampung Selatan belum sepenuhnya merasakan pemerataan infrastruktur.

“Bicara infrastruktur, masyarakat Lamsel belum semuanya merasakan manfaat pembangunan. Bagaimana pariwisata maju kalau infrastruktur penunjangnya belum diperhatikan,” ucapnya.

Poin kedua yang disampaikannya, tentang para petani dan nelayan. Dirinya ingin agar sektor ini benar-benar dimajukan, karena selama ini petani kesulitan mendapatkan pupuk. Terakhir yaitu masalah keamanan.

“Karenanya keterlibatan petugas keamanan seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas hingga Linmas perlu juga disejahterakan. Jika itu diperhatikan, maka keamanan mulai dari tingkat desa bisa dirasakan,” imbuhnya.

Balonbup berikutnya adalah Hipni. Niatannya maju sebagai Balonbup, mengusung visi Lampung Selatan bangkit dan berkeadilan.

“Misi menuju masyarakat aman, nyaman berkahlak, berkarakter, sejahtera dengan pemerintah daerah yang bersih,” katanya.

Hipni yang pernah menjabat dua periode DPRD Lamsel itu, menyoroti beberapa sektor unggulan di Lampung Selatan yang bisa menjadi potensi andalan seperti pariwisata.

“Karena saat ini pariwisata, perikanan, dan perkebunan kita lihat masih belum maksimal oleh pemerintah setempat, jadi nanti kita akan bekerja sama dengan perusahaan dagang serta kita sinergikan,” ujarnya.

Dilanjutkan Hipni, pemerintah daerah juga harus hadir ditengah masyarakat, untuk bersama-sama membangun Kabupaten Lampung Selatan.

“Contoh, para petambak merasa mandiri, karena pemerintah hadir tapi dibiarkan, hadir hanya dihulu saja, tapi belum hadir dihilir. InsyaAllah saya terpilih insdustri hilir juga harus hadir,” jelasnya.

Sedangkan Irfan Nuranda Djafar, Ketua PAN Lampung mempunyai visi, menuju Lampung Selatan sebagai pusat ekonomi baru di wilayah selatan Pulau Sumatera.

"Karena adanya JTTS, mungkin sebagian masyakat Lamsel menderita. Contoh banyak rumah makan yang tutup. Karenanya, bagaimana kita menarik perhatian agar masyarakat mau masuk ke Lamsel, mungkin destinasi wisata," terangnya.

Selain itu, dia juga mengusung sejumlah misi, seperti Lamsel berdaya saing, adil, inovatif dan kondusif. Dengan lebih menitik beratkan pada sektor pertanian, industri kita dan pariwista.

"Dari semua visi misi tadi, perbaikan sistem pemerintahan yang bersih yang akan menjadi perhatian. Kita akan bangkitkan wilayah industri di Ketapang," singkatnya.

Terakhir Antoni Imam. Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PKS tersebut, mengusung visi MAS yaitu Maju, Aman dan Sejahtera.

"Kami juga akan mengedepankan supertim, karena pekerjaan berat ini (Bupati) hanya bisa dilaksanakan dengan jiwa tim yang kuat," terangnya.

Menurutnya, indikator secara umum yang dibutuhkan masyarakat Lamsel adalah aman, kemudian sejahtera. Itulah yang menjadi muara atau ujung dari pembangunan.

"Misi kami yaitu ingin tingkatkan kesehatan dan pendidikan yang merata dan berkualitas. Mewujudkan kesejahteraan berbasis ekonomi kerakyatan," terangnya.

Misi selanjutnya yaitu, membangun ekonomi yang religius, birokrasi yang bersih inovatif dan kolaboratif dan membangun infratsruktur yang merata dan berkualitas.

"Bagaimana kita menumbuhkan iklim investasi yang kondusif dan berwawasan lingkungan, karena sering kita abaikan masalah ini. Pemerintah daerah juga harus bisa berkomunikasi dan brsinergi dengan para calon investor," paparnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Nasdem Lamsel, Wahrul Fauzi Silalahi mengatakan, Partai Nasdem memberikan ruang pada pihak lain untuk mendengarkan visi-misi balonbup dan balonwabup.

“Partai Nasdem yang membuka ruang seluas luasnya kepada fanelis untuk memberi masukan dan saran serta mengkritik terkait visi dan misinya yang dipaparkan oleh masing-masing calon," katanya.

Cara tersebut dilakukan, agar pihaknya bisa menilai bagaimana intergritas dan komitmen para balon yang akan dikerucut menjadi tiga orang balonbup.

"Ini akan menjadi bahan pleno kita, untuk memutuskan tiga bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. Namun harus menjadi bagian peserta, calon Wakil Bupati harus dari partai Nasdem dan ini harga mati," ungkapnya.(bob/acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


FKPPIB: “Pilih Kepala Daerah yang Peduli BU ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aneka masalah yang membelit perusahaan B ...


Masifkan Dukungan Parpol, Hanan A Razak Samba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi Golkar yang namanya terdaftar s ...


KPU Tanggamus Buka Pendaftaran Calon PPK ...

MOMENTUM, Tanggamus--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus membuk ...


Nyalon Bupati, Mantan Pj Bupati Pringsewu Amb ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Berangkat dari pengalaman menjadi Penjabat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com