Lima Kandidat Siap Lawan Petahana Pesibar

Tanggal 28 Okt 2019 - Laporan - 2146 Views
Ilustrasi balonkada//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Lima bakal calon bupati (balonbup) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) optimis maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Kelimanya: Erlina, Yanuar Irawan, Aria Lukita Budiawan, Pieter dan Elty Yunani mengaku sudah menyiapkan serangkaian strategi, guna melawan petahana Pesibar, Agus Istiqlal yang akan kembali maju dalam Pilkada mendatang.

Bahkan mereka telah mengikuti fit and propertest atau uji kelayakan dan kepatutan bacalonkada di Kantor DPD PDIP Lampung pada Kamis (27-10-2019).

Persiapan awal Erlina maju Pilkada adalah mengjalin komunikasi dengan banyak partai politik (parpol).

“Insyallah komunikasi politik melalui koalisi partai di pesibar yang telah saya bangun akan mendapat didukung masyarkat. Insyallah kita akan berhasil memenangkan pertarungan untuk berkoalisi di pilkada 2020 mendatang,” kata Erlina kepada harianmomentum.com.

Erlina mengaku optimis, melawan Agus Istiqlal. Bahkan Wakil Bupati Pesibar itu mengaku sudah menyiapkan strategi khusus guna melawan petahana.

“Saya punya strategi khusus untuk memenangkan pertarungan. Kalau saya sudah turun, saya harus menang. Saya optimis bisa memnangkan pertarungan di Pesibar,” ungkapnya.

Terkait strategi yang dia maksud, Erlina belum mau membeberkannya. Menurut dia, soal strategi akan dipaparkannya bersama timnya.

Hal senada disampaikan Yanuar Irawan. Politikus asal PDIP itu juga mengaku sudah punya strategi khusus, maju Pilkada di Pesibar.

“Kalau strtaegri pasti ada, semua orang yang mau maju pilkada, mau maju perang, itu kan pasti punya strategi,” ucapnya saat dikonfirmasi harianmomentum.com.

Apa lagi, kata dia, jika kelak mendapat rekomendasi PDIP dia harus berhadapan dengan petahana. “Harus diakui, yang namanya petahana itu sudah menang selangkah. Sebab dia sudah lebih dulu star, dibanding kita yang belum,” ungkapnya.

Untuk itu, sambung dia, perlu banyak hal yang harus dipersiapkan. Sebab Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Lampung itu tidak mau coba-coba, maju pilkada.

“Saya maju ini bukan untuk nyalon, tapi untuk jadi (menang). Untuk jadi itu banyak faktor yang harus di persiapkan. Termasuk strategi dan kekuatan lawan, harus kita hitung dengan baik,” jelasnya.

Semantara Pieter, Ketua DPC PDIP Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menyatakan kesiapannya, maju dalam Pilkada Pesibar di 2020 mendatang jika nantinya mendapat rekomendasi dari PDIP.

"Saya sangat siap jika memang di tugaskan oleh partai. Sekarang persiapan saya membenahi internal Partai PDIP Pesibar hingga ke ranting," Kata Pieter melalui telpon selulernya.

Pieter melanjutkan, menurutnya jika rekomendasi dari PDIP pusat sudah turun kita akan menyiapkan rencana yang selanjutnya. "Jadi langkah kita kedepan menunggu rekomendasi PDIP pusat," ujarnya.

Aria Lukita Budiawan, yang sempat menjadi penantang Agus Istiqlal pada Pilbup Pesibar lalu mengaku telah mengukur diri, juga mengukur kekuatan lawan (petahana Agus Istiqlal).

“Namanya mau maju perang, pastinya saya sudah menghitung. Kekuatan saya, juga kekuatan lawan. Karena saya maju ini mau menang,” kata dia.

Proses mengukur kekuatan ditempunya dalam waktu yang cukup panjang. Kurang-lebih empat tahun, dia telah bermukim di kawasan setempat. Selain untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, juga untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pembangunan di kawasan setempat.

“Saya buktikan janji politik saya. Selama empat tahun saya tetap bertahan di Pesibar, saya jadi penduduk setempat. Saya lihat masih banyak  pembangunan yang perlu dilakukan di Pesibar,” ungkapnya.

Sementara Elti Yunani lebih mempersiapkan diri dengan program-programnya. Salah satu dari beberapa program kerjanya yaitu, Elti berkomitmen untuk menggagas terlaksananya Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), bagi penduduk setempat. Tujuannya, agar masyarakat khususnya kaum ibu-ibu di wilayah setempat bisa punya penghasilan tambahan.

“Ibu-ibu ini harus diberdayakan. Mereka bisa membuat kerajinan tangan, seperti mengolah limbah kelapa misalnya,” kata Uwo Elti, sapaan akrabnya.

Sebagai putri asli Pesibar, Elti meyakini, niatannya maju di wilayah setempat akan terlaksana. Dia pun meyakini, bakal banyak masyarakat yang mendukungnya.

“Niatan saya maju untuk membangun Pesibar lebih baik lagi kedepannya. Untuk itu saya pun berharap bisa dapat wakil yang punya niatan sama. Sehingga pembangunan Pesibar bisa terealisasi dengan cepat,” ungkapnya.(acw/ap)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


Kostiana Siap Ikut Penjaringan Calon Walikota ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD ...


Pilkada 2024, Golkar Tak Buka Pendaftaran Bak ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Golkar Lampung tidak membuka pend ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com