Bupati Tanggamus Canangkan Pekan Layanan Tes IVA

Tanggal 30 Okt 2019 - Laporan - 587 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani mencanangkan Pekan Pelayanan Tes IVA dan SADANIS

MOMENTUM, Ulubelu--Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus berupaya menambah berbagai sarana dan peralatan medis untuk menunjang peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Salah satu upaya tersebut dilakukan dalam bentuk program Pekan Pelayanan Tes IVA dan SADANIS (Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara).

Program tersebut, secara resmi dicanangkan Bupati Tanggamus Dewi Handajani sekaligus melucurkan program pelayanan  Ulrasonografi (USG) di Puskesmas serta penyerahan bantuan ambulans puskesmas keliling. Kegiatan dipusatkan di Puskesmas Ngarip, Kecamatan Ulubelu, Rabu (30-10-2019).

Bupati mengatakan, pekan pelayanan Tes IVA dan SADANIS itu bagian dari 55 Program AKSI Desa ASIK.

Menurut bupati, berdasarkan data dari Global Observatory Cancer (Globocan), presntase kasus kanker Payudara di Indonesia mencapai 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 orang per 100.000. Setelah itu kanker leher rahim (servik) 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk.  

"Penyakit kanker payudara dan servik masih menjadi salah satu penyebab utama tingginya angka kematian di Indonesia. Mudah-mudahan melalui program ini kaum wanita bisa terhindar dari penyakit kanker payudara dan kanker leher rahim. Mari kita sampaikan kepada masyarakat agar seluruh wanita yang sudah menikah ikut dalam pelayanan tes IVA dan SADANIS ini," ajaknya.

Selaian itu, kata bupati, Pemkab Tanggamus juga berkomitmen menekan angkat kematian ibu dan bayi. Salah satunya dilakukan melalui pengadaan layanan USG di sejumlah Puskesmas Rawat Inap.

"Untuk tahun 2019 pengadaan USG didistribusikan ke lima Puskesmas Rawat Inap, dan secara bertahap akan diupaya untuk seluruh Puskesmas rawat inap seKabupaten Tanggamus," terangnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut: Pelaksana tugas (Plt) Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan sejumlah pejabat daerah setempat. (glh/jal)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com