Gondol 65 Ekor Sapi, Lima Pencuri Dibekuk Petugas di Pesibar

Tanggal 03 Nov 2019 - Laporan - 498 Views
Petugas membekuk tersangka pencurian ternak sapi di Kabupaten Pesisir Barat.

MOMENTUM, Liwa--Setelah menggondol 65 ekor sapi dari 24 lokasi pencurian, lima pencuri berhasil dibekuk petugas Polres Lampung Barat di Kabupaten Pesisir Barat.

"Pencurian sapi tersebut diungkap oleh jajaran Polsek Bengkunat dan berhasil menangkap lima orang yang telah mencuri ternak milik korban Sukemi (56), warga Pekon Sukarame dan Asep Nurjaya/Pekon Sukamaju Kabupaten Pesisir Barat,” ujar Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, Minggu (3-11-2019).

Dalam ungkap kasus tersebut, Kapolres didampingi Waka Polres Kompol Vicky Dzulkarnai bersama Kasat Reskrim AKP Made Silpa Yudiawan dan Kapolsek Bengkunat Iptu Ono Karyono.

Kapolres mengungkapkan, kelima pelaku tersebut sudah sangat meresahkan warga Pesisir Barat. Meraka yakni Ariyanto Sulistiono (56) warga Kartamulia, Kecamatan Lubukbatang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumsel. Lekah (49), warga Pekon/Desa Sukarame Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat. Hendriyansah (24), Warga Pekon Sukarame, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat. Jaya Burhan (43) dan Komarudin (35), keduanya pun warga Pekon Sukarame, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat.

Menurut dia, penangkapan terhadap para pelaku berdasarkan laporan dari korban pada Selasa 24 September 2019. Peristiwa itu terjadi di Pekon Sukarame Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat sekira pukul 03.00 wib. Saat itu, korban Sukemi kehilangan dua ekor sapi yang diikat pada kayu di tengah siring.

Kemudian empat orang pelaku tersebut menuntun dan menaikkan sapi kemobil yang telah dikendarai oleh pelaku Ariyanto Sulistiyono dan dibawa ke wilayah Sumatera Selatan diberikan kepada pelaku inisial GH yang kini masih buron atau Daftar Pencarian Orang (DPO).

Masih kata Kapolres, kejadian serupa terjadi pada Minggu 27 Oktober 2019, sekira pukul 00.00 wib di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat.

Saat itu, pelaku mengambil tiga ekor sapi milik Asep Nurjaya, kemudian dua orang pelaku Jaya Burhan dan Komarudin menuntun sapi sekira 20 kilometer (km) dengan maksud untuk disembunyikan terlebih dahulu.

Atas kejadian pencurian tiga ekor sapi milik Asep Nurjaya, anggota Polsek Bengkunat bersama warga menelusuri jejak ternak sapi yang telah hilang tersebut. Setelah 2km sapi yang hilang tersebut berada di perkebunan sawit.

Pencarian dilakukan selama dua hari sejak Selasa hingga Rabu. Setelah melakukan pemantauan, petugas akhirnya mendapatkan identitas dua orang pelaku yakni Jaya Burhan dan Komarudin yang saat itu mendekati dan hendak membawa tiga ekor sapi tersebut.

Melihat tersangka, petugas Polsek yang dipimpin Kapolsek Bengkunat IPTU Ono Karyono langsung melakukan penangkapan terhadap dua orang tersebut. Dari keduanya, petugas memperoleh informasi terkait Ariyanto Sulistiyono.

Kemudian, polisi langsung melakukan penangkapan terhadap Ariyanto Sulistiyono yang merupakan otak kejahatan tersebut. "Tersangka hendak kabur sehingga petugas memberikan tindakan tegas terukur kepada pelaku," paparnya.

Dari pengakuan tiga orang pelaku tersebut, pelaku telah melakukan pencurian sebelumnya sesuai dengan dasar LP /338/IX/2019/Polda Lpg/Res Lambar /Sek Bengkunat tanggal 24 September 2019. 

"Alhasil, berdasarkan pengembangan yang dilakukan, para tersangka berjumlah lima orang dan telah melakukan aksinya di 24 lokasi berbeda dengan 65 ekor sapi yang berhasil dicuri," kata dia.(rsp)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Istri Kerja di Luar Negeri, Ayah dan Kakek Ga ...

MOMENTUM, Natar--Dua laki-laki berinisial AM, 64 tahun, dan SH, 4 ...


Berawal dari Kerja Sama Bisnis, IRT Diduga Ge ...

MOMENTUM, Waypengubuan -- Seorang ibu rumah tangga (IRT) diamanka ...


Polisi Selidiki Kasus Pembacokan di Lokalisas ...

MOMENTUM, Panaragan -- Polisi menyelidiki kasus pembacokan yang t ...


Angka Kecelakaan di Pringsewu Turun ...

MOMENTUM, Pringsewu--Angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com