Festival Waykambas 2019 Targetkan 700 Ribu Pengunjung

Tanggal 07 Nov 2019 - Laporan - 953 Views
Festival Pesona Waykambas 9 & 10 November. Foto. Leaflat.

MOMENTUM, Labuhanratu--Dua hari lagi, Festival Pesona Waykambas XIX digelar. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menargetkan kegiatan yang berlangsung pada 9 dan 10 Novemer ini dikunjungi 600 sampai 700 ribu wisatawan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Syahrudin Putera, dalam rapat pemantapan Festival Pesona Waykambas XIX yang berlangsung di Taman Nasional Waykambas di Labuhanratu, Rabu (6-11-2019).

Rapat dihadiri Dandim 0429 Lamtim, Letkol Kav Muhammad Darwis, para staf ahli dan asisten Bupati Lamtim, Kepala Inspektorat M. Noer Alsyarif, Kepala Balai Taman Nasional Waykambas, Subakir, Kabag Op Polres Lamtim, Kompol Arambe, para kepala dinas/instansi, camat se-Lamtim.

Selanjutnya dia menjelaskankan, di antara tamu undangan yang akan hadir dalam festival ini adalah duta besar negara sahabat. "Duta besar yang sudah konfirmasi akan hadir dari dua negara yakni Serbia dan Georgia. Itu yang sudah mengkonfirmasi," katanya.

Pemerintah Lamtim telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menyambut datangnya para tamu dan wisatawan. Fasilitas umum seperti toilet portable, kemudian untuk dukungan-dukungan, fasilitas-fasilitas umum lainnya dan musala, semua sudah siap.

Syahrudin mengingatkan semua pihak, terutama dinas terkait untuk bekerja sama dengan baik agar pelaksanaan festival berlangsung lancar dan sukses.

Khusus kepada Kominfo, dia meminta bekerja sama dengan operator telekomunikasi agar ada penguatan sinyal di  lokasi festival. Selain ada kegiatan yang bersifat online, juga dibutuhkan untuk peliputan media untuk siaran langsung.

Pada bagian lain, dia mengatakan, Festival Waykambas tahun ini tetap mengedepankan kearifan lokal. "Kita punya tari bedana dan tari melinting yang akan dipentaskan. Jadi berjalan dengan cerita makna filosofis dari tarian itu," katanya.

Terpisah,  Bupati Lamtim Zaiful Bokhari menjelaskan bahwa pada Festival Waykambas tahun ini digelar sejumlah even dan atraksi yang tidak ada pada festival sebelumnya.

“Jadi kami minta untuk Festival Waykambas ini diinformasikan secara luas agar masyarakat ikut menikmati festival," katanya.

Festival Pesona Waykambas digelar selama dua hari pada tanggal 9 dan 10 November. Diawali dengan kegiatan Fun Bike, dilanjutkan dengan kegiatan lain. seperti Kemah Saka Pariwisata, Pembukaan Lomba Tari Melinting, Pawai Budaya, Pagelaran Seni Daerah, Atraksi Polisi Cilik, Atraksi Gajah, Lomba Kuliner dan Pameran Souvenir. Seluruh kegiatan tersebut ini berlangsung pada 9 November 2019.

Sementara pada hari kedua, antara lain kegiatan Waykambas Advanture Trail, Lomba Tari Bedana, XC MTB, Festival Kuda Lumping, Pameran Motor Antik, Festival Buah Nusantara, Penampilan Tari Bedana Masal, Pembagian Hadiah dan Doorprice, serta Parade Band dan Way Kambas Idol.

Sementara kegiatan yang dilaksanakan di luar Taman Nasional Waykambas, antara lain Parade Band di Pasar Wedana Kecamatan Sukadana, Wayambas Idol di Kecamatan Sribhawono, Adventure Trail di Kecamatan Margatiga, Fun Bike Start di Lapangan Wayjepara, dan Kemah Saka Pariwisata di Rest Area Labuhanratu. (rif).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com