UMK Metro Diusulkan Rp2,4 Juta

Tanggal 08 Nov 2019 - Laporan - 1006 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Metro--Upah Minimum Kota (UMK) Metro tahun 2020 diusulkan Rp2.433.381 atau naik 8,51 persen dari UMK tahun 2019 yang hanya Rp2.242.540.

"Ada kenaikan sekitar Rp190.840 dibanding tahun lalu. Ini sudah kita kirim dan tinggal menunggu persetujuan walikota dan pengesahan gubernur," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro Rakhmat Z Sesunan pada Harianmomentum.com, Jumat (8-11-2019).

Menurut dia, nantinya setelah UMK ditetapkan, tidak semua pekerja mendapat gaji sesuai UMK tersebut. Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, gaji yang diberikan bisa sesuai kesepakatan dan perjanjian antara perusahaan dan pekerja. 

"Setelah perjanjian dan kesepakatan itu baru peraturan perundang-undangan. Tapi kita tetap minta kepada perusahaan apalagi yang sudah maju, ya memberikan kewajiban sesuai dengan UMK dan jaminan asuransi kerja," imbaunya. 

Dia melanjutkan, saat ini kebanyakan perusahaan di Kota Metro masih berskala kecil dan belum mampu membayar upah sesuai UMK. 

"Nah ini juga yang menjadi permasalahan kita. Banyak perusahaan yang belum mampu membayar sesuai UMK, apa harus melakukan PHK. Tapi kalau ada PHK, ya harus mengacu pada UMK," terangnya. 

Selain membayar gaji karyawan sesuai UMK, pemkot juga mendorong perusahaan memberikan asuransi kepada par pekerjanya, seperti: BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan atau asuransi lainnya. 

"Kita rutin melakukan sosialisasi Undang-Undang Ketenagakerjaan kepada perusahaan dan pekerja di Kota Metro. Untuk meminimalisir terjadinya sengketa antara perusahaan dan pekerja," jelasnya. (pie)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com