Lambar Sosialisasi Fasilitasi Publikasi Data Strategi Daerah

Tanggal 25 Nov 2019 - Laporan - 629 Views
Maidar (tengah). Foto. Lem.

MOMENTUM, Liwa--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) melakukan Sosialisasi Fasilitasi Publikasi Data Strategi Daerah di Aula Pakuwon Bappeda Lambar di Liwa, Senin (25-12-2019). 

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Lambar, itu dibuka oleh Kepala Diskominfo Maidar.

Menurut Maidar, data strategi daerah digunakan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan dan tugas pembangunan sesuai tupoksi masing-masing organisasi pemerintah daerah.

"Kegiatan ini untuk sinkronisasi data yang ada di masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah) dengan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik," ungkapnya 

Kemudian, dalam konteks pembangunan yang akuntabel, kata dia, akurasi dan validitas data mutlak diperlukan. Untuk itu, dalam mewujudkan pembangunan yang baik, akuntabel dan berkesinambungan, diperlukan satu data.

Disebutkan, ada tiga indikator untuk mengarahkan Indonesia dalam satu data atau menjadikan Lampung Barat satu data. Pertama, yakni satu sumber informasi data. 

Kemudian, satu metadata yaitu informasi terstruktur, misalnya siapa yang membuat data, tahun pembuatan data, metode yang digunakan, variabelnya apa saja. Sehingga memungkinkan tidak ada survei atau kegiatan pengumpulan data yang sama. 

Sedangkan yang ketiga adalah satu portal data, sehingga data-data yang dikumpulkan oleh seluruh OPD akan dikumpulkan dan dikompilasi oleh satu OPD. (Lem).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


Gelar Buka Bersama, Apdesi Sungkai Utara Baha ...

MOMENTUM, Sungkai Utara--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indones ...


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com