Pelantikan Empat Kades di Lamsel Dibalut Prosesi Adat

Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto diarak dengan prosesi adat Lampung, saat tiba di lokasi pelantikan empat kepala desa.

MOMENTUM, Sidomulyo--Prosesi pelantikan empat kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak di Kecamatan Sidomulyo dan Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dikemas dalam nuansa adat Lampung.

Pelantikan dipusatkan di Lapangan Desa Kotadalam, Kecamatan Sidomulyo, Senin (25-11-2019). Prosesi pelantikan diawali dengan penyambutan kedatangan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto.  

Nanang bersam Ketua TP PKK Lamsel Winarni datang ke lokasi pelantikan dengan mengenakan pakaian adat Lampung. Keduanya diarak di atas tandu reflika Bukhung (burung) Garuda diiringi tabuhan musik rebana dan atraksi pencak silat.

“Itu (Bukhung Garuda) kendaraan yang dipakai raja-raja zaman dahulu. Kalau sekarang kita gunakan sebagai penghormatan untuk para petinggi,” kata Hasbuna tokoh adat Lampung Desa Kotadalam.

Dia menerangkan, selain bentuk penghormatan, prosesi penyambutan secara adat  itu bagian dari upaya pelestarian adat budaya Lampaung.

“Masyarakat Desa Kotadalam ini masih kental dengan adat dan budaya Lampung. Bahkan kegiatan tujuh belas Agustus pun kami menggunakan acara khas adat. Kita ingin pelantikan ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen pelestarian budaya Lampung," terangnya.

Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto sangat mengapresiasi terselenggarakan pelantikan kepala desa yang dikemas dalam nuansa adat Lampung. 

“Saya sangat terharu dan bangga. Selama jadi Plt Bupati sudah tiga kali saya diarak dengan prosesi adat. Ini patut dicontoh sebagai bentuk peran aktif melestarikan adat budaya Lampung," kata Nanang.

Turut hadir  pada kegiatan tersebut, Pengurus Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Lamsel dan sejumlah pejabat pemkab setempat. (alp)


Berikan Komentar