Pengamat: Mukhlis Basri Paling Pas Pimpin PDIP Lampung

Tanggal 18 Jul 2017 - Laporan - 1764 Views
Foto: Mukhlis Basri/Net.

Harianmomentun--Wakil Ketua Bidang Kehormatan dan Keselarasan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung Mukhlis Basri dinilai layak menjadi ketua DPD definitif.

 

Penilaian tersebut disampaikan pengamat politik  Universitas Lampung (Unila)  Yusdianto.  Menurut dia, Bupati Lampung Barat dua periode itu paling pas dan layak memimpin DPD PDIP Lampung.

 

"Melihat dari track recordnya, Pak Mukhlis ini sangat layak untuk memimpin PDIP Lampung. Dia kader yang loyal terhadap partai,“ kata  Yudianto dikutip melalui rilis yang diterima harianmomentum.com, Selasa (18/7).

 

Dia melanjutkan, Mukhlis merupakan kader tulen yang meniti karier politik di partai berlambang banteng moncong putih itu dari anak tangga terbawah.

 

Selain itu, PDIP dikenal sebagai partai ideologis yang jelas. Karena itu, sudah  semestinya DPP melihat track record para kader yang dinilai pantas untuk dijadikan Ketua PDIP Lampung.

 

"Pak Mukhlis ini kan pernah menjadi koordinator pemenangan Pak Jokowi waktu pilpres lalu. Jasanya juga sudah banyak untuk membesarkan partai. Jadi, sudah pantas dia (Mukhlis, red) ini untuk menjadi ketua PDIP," terangnya.

 

Hal senda disampaikan Tony Wijaya yang juga   pengamat politik dari Unila. Menurut dia, peluang Mukhlis Basri memimpin PDIP Lampung sangat besar.

 

“Apalagi kemarin 13 pengurus telah tanda tangan mendukung beliau (Muklis). Info yang didapatkan di DPP Bupati Lampung Barat juga namanya kuat,” kata Tony.

 

Menurut Tony, perebutan kursi definitif Ketua DPD PDIP Lampung memang menarik dan semakin panas. 

 

Terlebih, Mukhlis sebagai salah satu kandidat kuat, juga pernah bertarung dengan Sjachroedin ZP merebut kursi jabatan orang nomor satu di PDIP Lampung.

 

Sebelumnya, tercatat ada  enam nama yang siap berebut kursi pimpinan DPD PDIP Lampung. Enam nama itu telah diusulkan ke DPP untuk menggantikan posisi Sjachroedin ZP yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Republik Kroasia .

 

Ke-enam kandidat Ketua PDIP Lampung itu: ukhlis Basri (Wakil Ketua Bidang Kehormatan dan Keselarasan), Bambang Suryadi (Wakil Keta Bidang Organisasi), Bustami Zainudin (Wakil Ketua Bidang Kaderisasi). 

 

Kemudian: Eva Dwiana Herman HN (Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak), Sudin (Wakil Ketua Bidang Maritim) dan M. Habib Purnomo (Wakil Ketua Bidang Buruh Tani dan Nelayan).

 

Wakil Ketua Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM DPD PDIP Watoni Noerdin menjelaskan, pihaknya telah menggelar rapat pleno terbuka untuk mengusulkan nama-nama calon ketua definitif yang dipimpin langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDIP Lampung, Bambang DH, Minggu (16/7) siang.

 

Dia menjelaskan, rapat pleno terbuka bagi semua kader yang berkeinginan menjadi ketua dipersilakan untuk mencalonkan diri. Selain itu, pengisian kekosongan jabatan ketua DPD tersebut berdasarkan SK DPP PDIP Nomor 027 tahun 2015 mengatur tata cara pengisian kekosongan ketua DPD dan DPC se- Indonesia.(rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


Kostiana Siap Ikut Penjaringan Calon Walikota ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD ...


Pilkada 2024, Golkar Tak Buka Pendaftaran Bak ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Golkar Lampung tidak membuka pend ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com