Verifikasi Berkas CPNS Pemprov Capai 80 Persen

Dokumentasi, seleksi CPNS di Provinsi Lampung tahun 2018.

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung masih melakukan verifikasi berkas pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD Lampung Yurnalis, hingga saat ini berkas yang telah terverifikasi mencapai 80 persen, dari 15.552 pelamar.

"Sampai hari ini baru 80 persen yang telah selesai. Verifikasi masih berlangsung sampai saat ini," kata Yurnalis di ruang kerjanya, Senin (2-12).

Untuk melakukan verifikasi berkas pelamar CPNS, Yurnalis menyebutkan BKD Lampung melibatkan 21 verifikator.

Terkait pengumuman hasil verifikasi berkas, Yurnalis mengaku belum dapat memastikannya. Karena jadwal pengumuman diundur, dari sebelumnya 16 Desember.

Sehingga, dia mengatakan masih menunggu pengumuman resmi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terkait jadwal terbarunya.

"Informasi terakhir pengumuman diundur dari tanggal 16 menjadi 23 Desember, tapi belum ada pemberitahuan resminya. Makanya kita masih belum tahu waktunya," jelasnya.

Dia menjelaskan pasca pengumuman berkas CPNS yang lolos, BKN memberikan waktu untuk melakukan sanggah selama tiga hari.

Meski demikian, dalam masa sanggah tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan. "Masa sanggah itu untuk hal-hal terkait kesalahan teknis dari verifikator saja. Kalau kesalahan dari pelamarnya tidak bisa disanggah," ujarnya.

Dia menyebutkan jika terdapat beberapa kesalahan teknis oleh verifikator, pelamar bisa langsung melaporkan ke BKD Lampung. "Misalnya verifikator salah melihat surat lamaran yang berwarna tapi disebut tidak berwarna, nah itu bisa langsung ke BKD," terangnya.

Menurut Yurnalis, kesalahan-kesalahan teknis bisa saja terjadi, karena berkas yang diverifikasi sangat banyak. Karena itu, adanya masa sanggah untuk meminimalisir hal tersebut. "Tapi nanti saat pengumuman pasti disebutkan kenapa tidak diterima berkasnya," ujarnya. (adw)

Berikan Komentar